DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA (Studi Pada Wisata Kampung Coklat Blitar)

REKANIKA ASRININGTYAS, 12402173625 (2021) DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA (Studi Pada Wisata Kampung Coklat Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Sektor Pariwisata (Studi pada Wisata Kampung Coklat Blitar)” ditulis oleh Rekanika Asriningtyas NIM 12402173625. Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung . Pembimbing: Dr.Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Pada era sekarang ini dunia digital berkembang dengan sangat pesat. Begitu pun dalam hal strategi pemasaran yang sudah banyak beralih menggunakan platform digital atau biasa disebut dengan strategi digital marketing . Bukan hanya dari sektor manufaktur tetapi juga sektor pariwisata. Atas dasar inilah peneliti melakukan penelitian dengan tema digital marketing pada Wisata Kampung Coklat Blitar. Pemilihan Kampung Coklat sebagai objek penelitian karena kampung coklat telah menerapkan strategi digital marketing secara aktif dalam memasarkan produknya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi digital marketing yang dijalankan Wisata Kampung Coklat Blitar? (2) Bagaimana respon netizen pada digital marketing Wisata Kampung Coklat Blitar? (3) Bagaimana dampak strategi pemasaran digital marketing bagi pengembangan wisata Kampung Coklat Blitar? Penelitian ini dilakukan di wisata Kampung Coklat Blitar yang beralamatkan di Jl. Banteng Blorok No. 18 Desa Plosorejo Kec. Kademangan Kab. Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder terkait penerapan digital marketing pada Wisata Kampung Coklat Blitar. Data diperoleh peneliti dari wawancara dengan pihak terkait baik itu pihak Kampung Coklat maupun netizen digital maketing Kampung Coklat. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan menganalisis informasi tentang digital marketing yang diterapkan olah Kampung Coklat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif karena peneliti ingin mendeskripsikan hasil penelitian yang memuat informasi tentang digital marketing sebagai strategi pemasaran pada wisata Kampung Coklat Blitar. Hasil penelitian ini adalah (1) Kampung Coklat menjalankan strategi digital marketing SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), SMM (Social Media Marketing), PPC (Pay Per Click), Content Marketing, Email Marketing, dan Influencer Marketing. (2) Digital marketing Kampung Coklat mendapatkan respon yang positif dari netizen. Netizen aktif dalam menanggapi digital marketing Kampung Coklat baik dalam bentuk respon like maupun komentar pada media sosial kampung Coklat. (3) Digital marketing memiliki dampak yang sangat besar dalam pengembangan wisata Kampung Coklat. Dampak positif dari penerapan digital marketing adalah, jangkauan yang lebih luas dan waktu yang lebih efisien, Informasi yang lengkap tentang produk yang diiklankan, mempermudah dalam menentukan target market, meningkatkan pelayanan costumer service. Adapun dampak negatif dari penerapan digital marketing tersebut adalah tingkat privasi yang tidak sepenuhnya aman, serta terbatasnya kemampuan dalam mengontrol respon dari audience atau target market. Dampak digital marketing terhadap pngembangan wisata adalah pengembangan target market dan membangun brand awareness. Kata Kunci: Digital marketing, Kampung Coklat, Strategi Pemasaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173625 REKANIKA ASRININGTYAS
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:57
Last Modified: 29 Nov 2021 04:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23287

Actions (login required)

View Item View Item