STRATEGI PROMOSI PRODUK MELALUI SELEBGRAM MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

AMANDA CHIQUITA NUSA IVANA, 12402173602 (2021) STRATEGI PROMOSI PRODUK MELALUI SELEBGRAM MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (285kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

ABSTRAK Amandai Chiquitai Nusai IvanaiNIM. 12402173602, Strategi Promosi Produk Melalui Selebgram Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, IAIN Tulungangung, 2021, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya sistem strategi promosi produk melalui selebgram yang di kenal dengan sebutan endrose, produk yang dipromosikan merupakan produk yang beraneka ragam. Promosi yang di lakukan pun cukup menarik dilakukan dengan cara menulis caption atau halhal yang menarik mengenai produk yang di promosikan, salah satu selebgram yakni Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Hal ini perlu di kaji karena dalam promosi ini masih terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan etika bisnis islam. Rumusan masalah penelitian ini adalah :1) Bagimana Kriteria selebgram Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Tulungagung? 2) Bagaimana strategi selebgram Mahasiswa Instituti Agamai Islami Negeri iTulungagung dalam mempromosikan Produk? 3) Bagaimana Strategi produk melaluii selebgrami mahasiswai Instituti Agamai Islami Negeri iTulungagungi dalami Perspektifi Etikai Bisnisi Islam ? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara diajukan kepada para selebgram mahasiswai Instituti Agamai Islami Negerii Tulungagungi. Observasi dilakukan dengan mahasiswai Instituti Agamai Islami Negerii Tulungagung.iSedangkan dokumentasi dilaksanakan selama sesi wawancara berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada saat ini ada beberapa mahasiswa yang menjadi selebgram, menjadi seorang selebgram tidak ada syarat atau kriteria tertentu mengenai fisik, akan tetapi yang dibutuhkan yakni bisa membuat konten atau ide kreatif dan memiliki follower yang lebih dari 500ribu follower. 2) Selebgram IAIN Tulungagug melakukan promosi dengan cara melalui media sosial salah satunya instagram, promosi dilakukan dengan cara membuat konten atau caption-caption yang menarik bagi para follower atau pengikutnya. 3) Belum semua selebgram IAIN Tulungagung dapat memahami mengenai etika bisnis islam dan mempraktikannya dalam bisnisnya. Ada beberapa ketidaksesuaian etika pada para selebgram saat melakukan review produk, yang mana prinsip standarnya tidak sesuai dengan etika bisnis Islam tentang Kebenaran, Kebijakan, dan Kejujuran. Kata kunci : Startegi Promosi, Selebgram, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahasiswa 12402173602 AMANDA CHIQUITA NUSA IVANA.
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:09
Last Modified: 29 Nov 2021 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23304

Actions (login required)

View Item View Item