PENGARUH METODE TULIS BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

APRILIA PANCA RESTIANA, 12210173055 (2021) PENGARUH METODE TULIS BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Tulis Berantai terhadap Keterampiln Menulis Puisi Siswa Kelas X SMAN 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Aprilia Panca Restiana, NIM. 12210173055, Pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Proses pembelajaran menulis puisi yang kurang inovatif membuat siswa kurang berimajinasi, siswa kesulitan memilih kata, siswa kesulitan merangkai kalimat, dan rendahnya minat siswa dalam menulis. Dalam penelitian ini akan membahas metode tulis berantai. Metode tulis berantai merupakan salah satu metode active learning yang dapat membantu siswa aktif dalam menulis secara bersama-sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode tulis berantai terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat Tulungagung dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X-MIPA 4 dan siswa kelas X-MIPA 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis teks puisi. Uji hipotesis yang digunakan adalah ttest dengan menggunakan Paired Samples Statistics. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat hasil penelitian yaitu: pengaruh yang positif dan signifikasi antara penerapan metode tulis berantai dengan pembelajaran menulis puisi. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji Paired Samples Statistics dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dan ttabel 1, 697 < t hitung 7,792 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode tulis berantai berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan nilai rata-rata hasil belajar menulis puisi posttes kelas kontrol 71 sedangkan nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen 86,3. Kata Kunci: Metode Tulis Berantai, menulis puisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173055 APRILIA PANCA RESTIANA
Date Deposited: 30 Nov 2021 06:18
Last Modified: 30 Nov 2021 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item