PENGARUH MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR

NUR LAELA ULFA, 12210173097 (2021) PENGARUH MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (659kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” ditulis oleh Nur Laela Ulfa NIM. 12210173097. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). IAIN Tulungagung dibimbing oleh Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Media Film Pendek, Kemampuan Menulis, Cerpen Penelitian ini membahas tentang kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan media film pendek pada kelas XI. Peneliti memilih menggunakan media film pendek yang menjadi media pembelajaran dalam kemampuan menulis cerpen. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis cerpen setelah menggunakan media film pendek pada siswa kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan tergolong dalam eksperimen. Dengan menggunakan desain rancangan quasi experimental design dengan bentuk penelitian nonequivalent control group desain. Lokasi penelitian bertempat di MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas XI MIA 1 dan 30 siswa kelas XI IIK 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas XI, siswa kelas XI MIA 1, siswa kelas XI IIK 2, dan dokumentasi berupa tes dari menulis cerpen siswa. Penelitian ini menggunakan uji validitas dari ahli. Tahapan teknik analisis data peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan tingkat pada kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI MIA 1 MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar dengan menggunakan media konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,44, sedangkan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media film pendek siswa kelas XI IIK 2 MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,13. Berdasarkan dari hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan media film pendek pada siswa XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar dengan selisih nilai rata-rata sebesar 1,169%. Dalam uji-t menunjukkan hasilnya nilai Sig. (2-tailed) 0.000, yang artinya 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar dengan menggunakan media film pendek lebih baik daripada menggunakan media konvensional. Hal tersebut juga terbukti dalam pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan suasana yang tenang dan fokus dalam pembelajaran menulis, khususnya dalam menulis cerpen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Cerpen
Bahasa Dan Sastra > Film
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173097 NUR LAELA ULFA
Date Deposited: 02 Dec 2021 06:50
Last Modified: 02 Dec 2021 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item