IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN (Studi pada PT. Menara Kamilah Travel Umroh dan Haji Khusus Tulungagung)

DEVITA WAHYU RIDWANA, 12402173217 (2021) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN (Studi pada PT. Menara Kamilah Travel Umroh dan Haji Khusus Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Etika Bisnis Islam untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan (Studi pada PT. Menara Kamilah Travel Umroh dan Haji Khusus Tulungagung) yang ditulis oleh Devita Wahyu Ridwana NIM. 12402173217, pembimbing Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., MM. Peluang bisnis dibidang jasa travel umroh dan haji khusus berkembang cukup pesat. Hal tersebut membuat suatu tantangan tersendiri bagi setiap pelaku usaha sejenis untuk menghadapi persaingan bisnis. Setiap perusahaan dituntut untuk menciptakan sesuatu yang lebih kreatif dan inovatif dan bernilai lebih dari pada yang dilakukan pesaingnya. Mencapai keunggulan bersaing sangat penting bagi keberhasilan suatu perusahaan. Dalam ajaran Islam terdapat prinsip-prinsip etika yang mengatur tentang pelaksanaan suatu bisnis untuk mencapai falah. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pengimplementasian etika bisnis Islam dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi etika bisnis Islam terhadap daya saing perusahaan PT Menara Kamilah Travel Umroh dan Haji Khusus Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data kemudian men-display data, lalu menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitiannya adalah: (1) Implementasi etika bisnis Islam pada PT Menara Kamilah Travel Umroh dan Haji Khusus Tulungagung telah diterapkan cukup baik. Hal tersebut terbukti dengan penerapan nilai-nilai dari ke empat prinsip dalam etika bisnis Islam yang diantaranya yaitu prinsip kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab.; (2) Implementasi etika bisnis Islam pada PT Menara Kamilah Travel Umroh dan Haji Khusus Tulungagung untuk meningkatkan daya saing perusahaan terbukti berpengaruh. Dengan pengimplementasian dari prinsip etika bisnis Islam, jamaah umroh merasa puas dengan jasa PT Menara Kamilah, hal tersebut menunjukkan bahwa daya saing yang tercipta sudah cukup baik untuk mempertahankan kelangsungan bisnis PT Menara Kamilah. Kata kunci: etika bisnis Islam, daya saing

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173217 DEVITA WAHYU RIDWANA
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:49
Last Modified: 10 Dec 2021 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23483

Actions (login required)

View Item View Item