MUHAMMAD NGALWI HASAN, 1742143181 (2020) STRATEGI BUDIDAYA DAN PEMASARAN IKAN HIAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (DI DESA DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (226kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (71kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Strategi Budidaya dan Pemasaran Ikan Hias Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam”, ditulis oleh Muhammad Ngalwi Hasan, NIM. 1742143181, pembimbing Lantip Susilowati, S.pd., M.M. Penelitian ini di latar belakangi oleh strategi budidaya dan pemasaran ikan hias. Keunggulan subsektor perikanan budidaya dibanding subsektor perikanan tangkap adalah lebih mampu menjaga kelestarian alam, menghindari overfishing, serta dapat berproduksi terus menerus karena ikan dikondisikan untuk berkembang biak dengan baik. Strategi pemasaran disusun dan direncanakan diawal dan jika diperlukan dapat dilakukan evaluasi agar pengambilan keputusan untuk mecapai tujuan tepat dan benar. Kita sebagai umat yang beragam khususnya agama Islam harus mengerti hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Strategi pemasaran yang dalam hal ini bersifat umum dikemas dengan aturan-aturan yang sesuai ajaran Islam dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Fokus penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana strategi budidaya ikan hias di desa Dorampel kecamatan Sumbergempol ditinjau dari perspektif ekonomi Islam? 2) Bagaimana strategi pemasaran ikan hias di desa Dorampel kecamatan Sumbergempol ditinjau dari perspektif ekonomi Islam? 3) Bagaimana pengembangan strategi budidaya dan pemasaran ikan hias ditinjau dari perspektif ekonomi Islam? Metode penelitian yang digunakan adalah : 1) Pendekatan Kualitatif, 2) Jenis: deskriptif, 3) Teknik Analisa data: Penyajian Data, Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Para pembudidaya kebanyakan menggunakan teknologi ekstensif (tradisional) yaitu hanya menggunakan bahan-bahan alami dari lingkungan sekitar dan kualitas air pun juga standar. Langkah–langkah para supplier dalam membudidaya ikan sejauh ini sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. 2) Strategi segmentasi yang dilakukan supplier-supplier disini adalah dengan mengenal dan memahami kultur masyarakat melalui survey ataupun dari teman yang sebelumnya memahami betul kondisi disana. Langkah - langkah yang telah dilakukan oleh kedua narasumber mulai dari strategi bauran pemasaran hingga strategi STP sejauh ini telah berjalan sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. 3) Dalam pengembangan budidaya dan pemasaran ikan hias para supplier sudah melakukan dengan cara seperti halnya petani ikan lainya. Bedanya dalam setiap petani ikan bisa mengembangakan budidaya dan pemasaran dengan adanya kelompok petani ikan, jadi petani ikan mendapat arahan atau masukan untuk bisa mengembangkan budidaya ikan yang lebih baik dan dampaknya akan memudahkan untuk memasarkan ikan yang hasilnya baik pula. Dan seiring itu pula dapat ditinjau dari perspektif islam baik dalam budidaya dan pemasarannya bisa dilihat dari cara budidaya yang baik sesuai anjuran dan ketentuan dan dengan halnya soal pemasarannya dilihat dari transaksi yang baik dan trasparan. Kata Kunci: Budidaya, Pemasaran, Perspektif Ekonomi Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 1742143181 Muhammad Ngalwi Hasan |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 04:18 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 04:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23502 |
Actions (login required)
View Item |