PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN ASUH DAN BERMAIN (TAB) SYUHADA’ HAJI BLITAR TAHUN AJARAN 2010/2011

FITRIAWATI, LUSY (2011) PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN ASUH DAN BERMAIN (TAB) SYUHADA’ HAJI BLITAR TAHUN AJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
SAMPUL+ABSTRAK.rtf

Download (10MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui upaya-upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak di TAB Syuhada’ Haji Blitar, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan sosial di TAB Syuhada’ Haji, 3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak di TAB Syuhada’ Haji Pendektan yag digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian terletak di TAB Syuhada’ Haji Blitar. Data yang peneliti didapatkan dari kepala TAB Syuhada’ Haji Blitar, guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferbility), ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dat, verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengunkapkan bahwa: 1) Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kecerdasan sosia melalui bidang akademik meliputi Pendekatan sentra, Alat Permainan Edukatif (APE) dan permainan drama. Sedangkan bidang non akademik meliputi pengenalan anak keberbagai lembaga di luar sekolah, mengembangan nilai-nilai sosial, kerjasama antara guru dengan orang tua, bermain bersama dan pembiasan, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kecerdasan sosial diantaranya faktor interen meliputi motivasi. Sedangkan faktor ekstren meliputi pengaruh pola asuh keluarga yang penuh kasih sayang, fasilitas yang memadai, teman sebaya dan guru, 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru antara lain: faktor interen meliputi sikap anak suka menyendiri, agresif, pendiam, egosentris dan rasangka. Sedangkan faktor ektren meliputi tidak ada kesempatan sosial, pola asuh yang memanjakan serta menuruti keinginan anak, keterlambatan komunikasi, ketergantungan anak terhadap orang lain dan perbedaan individu

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:27
Last Modified: 23 Sep 2015 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item