EVITA NURUL ASFIAH, 12205173161 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MIFTAHUL HUDA SIDODADI GARUM BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (342kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar” ini ditulis oleh Evita Nurul Asfiah, NIM. 12205173161, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri dan Media Gambar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan inovasi, sehingga kurangnya motivasi, semangat siswa dalam pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar Matematika yang kurang maksimal. Rumusan Masalah pada skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Pre-Experimental Design atau Pra eksperimen. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini berasal dari seluruh peserta didik kelas II MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar dan samplenya adalah peserta didik kelas II sebanyak 18 siswa. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian adalah nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t berpasangan untuk hasil belajar Matematika diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena sigfinikannya < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173161 EVITA NURUL ASFIAH |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 05:48 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 05:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23627 |
Actions (login required)
View Item |