PENGEMBANGAN MEDIA BINTANG PUTAR UNTUK MENINGKATKAN NILAI AGAMA MORAL PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AISYIYAH KENAYAN TULUNGAGUNG

HARTANTI, 12206173066 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BINTANG PUTAR UNTUK MENINGKATKAN NILAI AGAMA MORAL PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AISYIYAH KENAYAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Bintang Putar untuk Meningkatkan Nilai Agama Moral pada Anak Kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung” ditulis oleh Hartanti, NIM. 12206173066, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2021, dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M. Si. NIP: 198003012014031001 Kata Kunci:Media Bintang Putar,Meningkatkan Nilai Agama Moral,Anak Kelompok B Pendidikan sangat penting bagi manusia untuk mengembangkan potensi diri sehingga menjadi manusia yang lebih berkualitas. Terlebih pendidikan tentang nilai keagamaan dan moral yang harus kita tanamkan pada anak sejak dini. Untuk peningkatan nilai agama moral anak usia dini perlu menggunakan media sebagai sarana pembelajaran sehingga anak dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Namun kenyataan di lapangan media pembelajaran bagi anak usia dini minim tersedia. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media bintang putar untuk meningkatkan nilai agama moral pada anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan media bintang putar untuk meningkatkan nilai agama moral pada anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung? (2) Bagaimana kelayakan media bintang putar untuk meningkatkan nilai agama moral pada anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung? Dengan tujuan (1) Mengembangkan media bintang putar untuk meningkatkan nilai agama moral pada anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung. (2) Mengetahui Kelayakan media bintang putar untuk meningkatkan nilai agama moral pada anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung. Metode penelitian dalam skripsi menggunakan R & D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan 7 tahap dari model pengembangan Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan tipe explotary sequential mixed methods. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1). Pengembangan media bintang putar untuk meningkatkan nilai agama moral pada anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang didalamnya cukup menggunakan 7 tahap saja. (2) Kelayakan media bintang putar untuk meningkatkan nilai agama moral pada anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi, ahli media dan tanggapan pendidik dengan kategori sangat layak. Kelayakan dan keefektifan suatu media dapat dilihat dari hasil pengujian berdasar pretest dan posttest terhadap anak kelompok B di PAUD Aisyiyah Kenayan Tulungagung dengan jumlah 5 responden. Berdasarkan hasilpengujian yang menyatakan adanya perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Pada data pretest skor nilai rata-rata tertinggi pretest yaitu 60,00 dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan nilai rata-rata minimum kelas pretest yaitu 40,00 dengan kategori MB (Mulai Berkembang). Berdasarkan nilai rata-rata kelas pretest yang diperoleh dari jumlah seluruh nilai rata-rata kelas dibagi jumlah responden yaitu 45,00 dengan kategori MB (Mulai Berkembang). Berdasarkan data posttest skor nilai rata-rata tertinggi yaitu 80,00 dengan kategori BSB (Berkembang Sangat Baik), dan nilai rata-rata minimum yaitu 65,00 dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Berdasar nilai rata-rata kelas posttest yang diperoleh dari jumlah seluruh nilai rata-rata kelas dibagi jumlah responden yaitu 71,00 dengan katagori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Berdasarkan hasil dari perbedaan nilai pretest dan posttest maka terbukti adanya peningkatan nilai agama moral pada anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173066 HARTANTI
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:27
Last Modified: 29 Dec 2021 01:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23752

Actions (login required)

View Item View Item