PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

NURUL DWI FATMAWATI, 12205173107 (2021) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kecerdasan Intrapersonal Siswa Mi Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” ini di tulis oleh Nurul Dwi Fatmawati, NIM 12205173107 Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Asrop Safi’i, M. Ag. Kata Kunci : Gaya Belajar, dan Kecerdasan Intrapersonal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya gaya belajar terhadap kecerdasan intrapersonal (kemampuan belajar) peserta didik. Peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda pasti akan berdampak pada proses pembelajarannya. Jika guru tidak memperhatikan gaya belajar yang dibutuhkan siswa pasti kemampuan belajar akan mengalami penurunan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah gaya belajar dengan kemampuan belajar peserta didik kelas IV di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengaruh gaya belajar visual terhadap kemampuan belajar siswa Mi Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh gaya belajar audio terhadap kemampuan belajar siswa Mi Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap kemampuan belajar siswa Mi Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Populasi seluruh peserta didik kelas IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo kelas IV. Teknik sampling yang digunakan yaitu Stratified Random Sampling (sampel acak distratifikasikan) dengan sampel 49 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual dengan kemampuan belajar di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung . Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh uji T menghasilkan thitung > ttabel (1.716 > 1,67). Nilai signifikansi t untuk variabel gaya belajar visual adalah 0,008 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,008 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar audio dengan kemampuan belajar di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung . Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh uji T thitung > ttabel (4,360> 1,67). Nilai signifikansi t untuk variabel gaya belajar audio adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan kemampuan belajar di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung . Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh uji T Dari tabel coefficients di atas diperoleh nilai thitung = 4,710. Sementara itu nilai ttabel = 1,67. Perbandingan antara keduanya menghasilkan thitung > ttabel (4.710 > 1,67). Nilai signifikansi t untuk variabel gaya belajar kinestetik adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. ABSTRACT The thesis entitled "The Influence of Learning Style on Intrapersonal Intelligence of Elementary School (MI) Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung Students" was written by Nurul Dwi Fatmawati, NIM 12205173107, Tarbiyah and Teacher Training, Tulungagung State Islamic Institute, Advisor Dr. H. Asrop Safi'i, M. Ag. Keywords: Learning Style, and Intrapersonal Intelligence This research is motivated by the importance of learning styles on the intrapersonal intelligence (learning ability) of students. Learners have different learning styles will definitely have an impact on the learning process. If the teacher does not pay attention to the learning styles needed by students, surely learning abilities will decrease. In this case the researcher connects the problem of learning styles with the learning abilities of fourth grade students at MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. The formulation of the problem in this thesis research are (1) How is the influence of visual learning style on the learning ability of MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung students? (2) How does audio learning style affect the learning ability of MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung students? (3) How does the kinesthetic learning style influence the learning ability of MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung students? The approach in this study uses a quantitative approach, with the type of correlational research. This research was conducted at MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. The population of all students of class IV MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo class IV. The sampling technique used is Stratified Random Sampling (stratified random sample) with a sample of 49 students. Data collection techniques with questionnaires. The results of this study indicate that: 1) There is a significant effect between visual learning styles and learning abilities at MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Based on the simple linear regression test, the T test resulted in tcount > ttable (1.716 > 1.67). The significance value of “t” for the visual learning style variable is 0.008 and this value is smaller than the probability of 0.05 (0.008 < 0.05). So in this test it shows Ha is accepted and Ho is rejected. 2) There is a significant effect between audio learning style and learning ability at MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Based on the simple linear regression test, the T test was obtained tcount > ttable (4.360 > 1.67). The significance value of “t” for the audio learning style variable is 0.000 and this value is smaller than the probability of 0.05 (0.000 < 0.05). So in this test it shows Ha is accepted and Ho is rejected. 3) There is a significant effect between kinesthetic learning styles and learning abilities at MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Based on the simple linear regression test, the T test is obtained. From the coefficients table above, the tcount = 4.710. Meanwhile the value of ttable = 1.67. The comparison between the two results in tcount > ttable (4,710 > 1.67). The significance value of “t” for the kinesthetic learning style variable is 0.000 and this value is smaller than the probability of 0.05 (0.000 < 0.05). So in this test it shows Ha is accepted and Ho is rejected.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173107 NURUL DWI FATMAWATI
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:24
Last Modified: 06 Jan 2022 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23782

Actions (login required)

View Item View Item