PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 TULUNGAGUNG

AZIZATUL MAGHFIROH, 12205173271 (2021) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Kelas dalam Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Azizatul Maghfiroh, NIM. 12205173271 pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: Peran Guru, Kecerdasan Intelektual, Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa peran guru kelas sangat berpengaruh dalam menignkatkan kecerdasan intelektual siswa dalam bidang bahasa. Dalam hal ini peneliti dapat melihat seberapa besar peran guru kelas dalam memberikan contoh dan panutan serta bimbingan yang baik dalam berbahasa sesuai dengan keagamaan pada masa pandemi covid-19 saat ini di MIN 1 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru kelas sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan intelektual siswa pada masa pandemi covid-19? (2) Bagaimana peran guru kelas sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan intelektual siswa pada masa pandemi covid-19? (3) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kecerdasan intelektual siswa pada masa pandemi covid-19?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam meningkatkan kecerdasan intelektual pada masa pandemi covid-19 tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi lembaga sekolah, sebagai tambahan referensi dan dapat dimanfaatkan lembaga sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan yang berkenaan dengan pengelolaan pelayanan pendidikan. Bagi para guru MIN 1 Tulungagung sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan terkait peran guru kelas dalam mengembangkan kecerdasan intelektual siswa pada masa pandemi covid-19. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi para peneliti lanjut. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui dan memperoleh data tentang peran guru kelas di MIN 1 Tulungagung. Sedangkan wawancara digunakan untuk menggali data dan mengetahui hal-hal dari responden yang mendalam. Dan dokumentasi berguna sebagai bukti atau pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru kelas sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing sangat berpengaruh untuk meningkatkan kecrdasan intelektual siswa di MIN 1 Tulungagung pada masa pandemi covid-19. Sebagai pendidik, guru kelas dapat menjadi contoh dan panutan kepada siswa dalam bidang verbal pada masa pandemi covid-19. Sebagai pengajar, guru kelas dapat memberikan berbagai materi pelajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini. Sebagai pembimbing, guru kelas mampu memberikan teknik dan keterampilan belajar yang dapat meningkatkan semangat siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > IQ
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pandemi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173271 Maghfiroh Azizatul
Date Deposited: 05 Jan 2022 00:55
Last Modified: 05 Jan 2022 00:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23841

Actions (login required)

View Item View Item