LAILI NIQMATUSSHOLIHA, 12205173263 (2021) PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Mengoptimalkan Pembelajaran pada Peserta Didik Slow Learner di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Laili Niqmatussholiha, NIM. 12205173263, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, yang dibimbing oleh. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci: Peran Guru, Mengoptimalkan Pembelajaran, Slow Learner Peran seorang guru sangatlah penting dan berpengaruh pada peserta didik. Setiap guru harus dapat memaksimalkan perannya agar dapat mengoptimalkan pembelajaran pada setiap peserta didik termasuk slow learner. Peran guru disekolah ini dikatakan menarik sebab guru melaksanakan dan memaksimalkan perannya sebagai motivator, fasilitator serta pembimbing untuk peserta didik slow learner tidak mengabaikan dan membeda-bedakan antara siswa slow learner dengan yang lainnya, sehingga peserta didik tidak merasa minder, dengan begitu mereka mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan mampu memahami materi pembelajaran, sehingga dapat memberikan perubahan pada hasil belajar peserta didik slow learner. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik slow learner di MIN 4 Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik slow learner di MIN 4 Tulungagung (3) untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik slow learner di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan temuan dengan cara memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triagulasi. Hasil penelitian ini antara lain. Pertama peran guru sebagai motivator dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik slow learner meliputi (1) menumbuhkan motivasi intrisnsik dengan memberikan arahan berperilaku baik, dan mengingatkan mengenai cita-cita (2) memberikan motivasi ekstrinsik berupa pujian, tepuk tangan, nilai pada setiap perubahan siswa slow learner. Kedua peran guru sebagai fasilitator dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik slow learner meliputi (1) memaksimalkan sumber belajar berupa LKS dan buku paket (2) menggunakan media pembelajaran (3) memberikan stimulus materi (4) mendampingi saat mengerjakan soal (5) belajar diluar kelas. Ketiga peran guru sebagai pembimbing dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik slow learner meliputi (1) menggunakan bahasa sederhana (2) mamaksimalkan jam tambahan saat PTMT (3) memberikan kesempatan bertanya dan menjawab (4) menyampaikan materi secara bertahap (5) membuatkan soal dan tugas tersendiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173263 Laili Niqmatussholiha |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 01:45 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 01:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23876 |
Actions (login required)
View Item |