TANTI UMAYAH, 12205173171 (2021) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MI NU NURUL ULUM SUKOANYAR PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (974kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Tanti Umayah, NIM. 12205173171, dengan pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran pada masa pandemi ini lebih banyak menggunakan metode daring (dalam jaringan) yang mana metode tersebut menggunakan internet sebagai sumber belajar siswa. Sehingga pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dapat berpengaruh terhadap tingginya motivasi belajar siswa yang akhirnya juga akan diperoleh hasil belajar yang optimal terkhusus di MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakle Tulungagung.Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar diharapkan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah atau kesulitan dalam belajar. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini ada 3, yaitu Pertama, adakah pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung?Kedua, adakah pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung?Ketiga, adakah pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan pemberian soal pre-test dan post-test.Teknik analisis data menggunakan teknik Uji MANOVA yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada Pengaruh Pemanfaatan Intenet sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung. Dengan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,005 < 0,05 dengan Uji t-tes. Sehingga dapat dikatakan memiliki pengaruh yang signifikan dari penggunaan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung, (2) Ada Pengaruh pemanfaatan intenet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung. Dengan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dengan Uji t-tes. Sehingga dapat dikatakan memiliki pengaruh yang signifikan dari penggunaan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung, (3) Ada Pengaruh pemanfaatan intenet sebagai sumber belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MI NU Nurul Ulum Sukoanyar Pakel Tulungagung. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 yaitu 0,000 < 0,005 daru uji Multivariate Test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173171 TANTI UMAYAH |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 01:38 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 01:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23878 |
Actions (login required)
View Item |