ROSALIA DHITAFIANI, 12405173036 (2021) ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN UD. AGUS GUNA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Industri Kayu UD. AGUS Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pengelolaan UD. AGUS Guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di UD. AGUS Tulungagung)” ini ditulis oleh Rosalia Dhitafiani, NIM. 12405173036, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya pesaing yang berada pada jenis usaha yang sama dengan UD. AGUS Tulungagung, sehingga untuk mempertahankan usahanya UD. AGUS Tulungagung menerapkan strategi pengelolaan yang berguna dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaannya, seperti memperhatikan kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga. Penerapan strategi pengelolaan yang tepat akan berdampak baik pada kelangsungan perusahaan sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana strategi pengelolaan UD. AGUS Tulungagung guna meningkatkan loyalitas pelanggan dalam perspektif islam? 2) Apa saja kendala pada strategi pengelolaan UD. AGUS Tulungagung guna meningkatkan loyalitas pelanggan dalam perspektif islam? 3) Apa saja solusi pada strategi pengelolaan UD. AGUS Tulungagung guna meningkatkan loyalitas pelanggan dalam perspektif islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi atau foto. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi pengelolaan industri kayu UD. AGUS Tulungagung dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dilaksanakan dengan baik. Strategi pengelolaan yang diterapkan berdasarkan perspektif ekonomi islam yaitu pada kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga. Kualitas pelayanan yang diterapkan adalah dengan bertanggungjawab, bersikap ramah, jujur dan cepat tanggap terhadap konsumen, kualitas produk yang diterapkan adalah dengan memproduksi barang dengan pengerjaan yang rapi, teliti dan halus. Dalam hal harga, UD. AGUS Tulungagung menawarkan harga yang terjangkau dan sesuai dengan harga pasar, sehingga memiliki daya saing yang bagus. Kendala yang selalu dihadapi oleh UD. AGUS Tulungagung adalah pemenuhan pesanan yang terhambat dikarenakan proses distribusi yang menyebabkan barang rusak dan karena adanya karyawan yang meliburkan diri, selain itu beberapa pelanggan berusaha meminta potongan harga yang tidak dapat dikabulkan UD. AGUS Tulungagung. Solusi yang diterapkan adalah dengan bertanggungjawab yaitu pelanggan tidak perlu membayar barang yang rusak, kekosongan karyawan akan diisi karyawan lain yang mumpuni, dan untuk pelanggan yang meminta potongan harga akan ditolak dengan halus. Kata Kunci : Srategi Pengelolaan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Manajemen Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405173036 ROSALIA DHITAFIANI |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 02:35 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 02:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23887 |
Actions (login required)
View Item |