ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN UD. AGUS GUNA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Industri Kayu UD. AGUS Tulungagung)

ROSALIA DHITAFIANI, 12405173036 (2021) ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN UD. AGUS GUNA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Industri Kayu UD. AGUS Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pengelolaan UD. AGUS Guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di UD. AGUS Tulungagung)” ini ditulis oleh Rosalia Dhitafiani, NIM. 12405173036, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya pesaing yang berada pada jenis usaha yang sama dengan UD. AGUS Tulungagung, sehingga untuk mempertahankan usahanya UD. AGUS Tulungagung menerapkan strategi pengelolaan yang berguna dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaannya, seperti memperhatikan kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga. Penerapan strategi pengelolaan yang tepat akan berdampak baik pada kelangsungan perusahaan sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana strategi pengelolaan UD. AGUS Tulungagung guna meningkatkan loyalitas pelanggan dalam perspektif islam? 2) Apa saja kendala pada strategi pengelolaan UD. AGUS Tulungagung guna meningkatkan loyalitas pelanggan dalam perspektif islam? 3) Apa saja solusi pada strategi pengelolaan UD. AGUS Tulungagung guna meningkatkan loyalitas pelanggan dalam perspektif islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi atau foto. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi pengelolaan industri kayu UD. AGUS Tulungagung dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dilaksanakan dengan baik. Strategi pengelolaan yang diterapkan berdasarkan perspektif ekonomi islam yaitu pada kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga. Kualitas pelayanan yang diterapkan adalah dengan bertanggungjawab, bersikap ramah, jujur dan cepat tanggap terhadap konsumen, kualitas produk yang diterapkan adalah dengan memproduksi barang dengan pengerjaan yang rapi, teliti dan halus. Dalam hal harga, UD. AGUS Tulungagung menawarkan harga yang terjangkau dan sesuai dengan harga pasar, sehingga memiliki daya saing yang bagus. Kendala yang selalu dihadapi oleh UD. AGUS Tulungagung adalah pemenuhan pesanan yang terhambat dikarenakan proses distribusi yang menyebabkan barang rusak dan karena adanya karyawan yang meliburkan diri, selain itu beberapa pelanggan berusaha meminta potongan harga yang tidak dapat dikabulkan UD. AGUS Tulungagung. Solusi yang diterapkan adalah dengan bertanggungjawab yaitu pelanggan tidak perlu membayar barang yang rusak, kekosongan karyawan akan diisi karyawan lain yang mumpuni, dan untuk pelanggan yang meminta potongan harga akan ditolak dengan halus. Kata Kunci : Srategi Pengelolaan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173036 ROSALIA DHITAFIANI
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:35
Last Modified: 05 Jan 2022 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item