UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MIN 4 TULUNGAGUNG

MIFTAKHUL NURIL JANAH, 12205173262 (2021) UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid 19 di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Miftakhul Nuril Janah NIM 12205173262, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing, Dr. H. Nur Effendi, M.Ag. Kata Kunci : Upaya guru, memotivasi belajar, masa pandemi covid 19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi ketika kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. Pembelajaran yang kurang efektif serta kurangnya semangat dalam belajar adalah salah satu dampak dari pembelajaran daring yang menyebabkan pembelajaran sedikit terhambat karena tidak semua siswa menerima pembelajaran dengan baik, pembelajaran daring ini membuat siswa menjadi jenuh sehingga siswa sangat membutuhkan motivasi baik dari guru maupun orangtua. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini akan membahas terkait upaya guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19 di MIN 4 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana perencanaan guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19 di MIN 4 Tulungagung, 2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19 di MIN 4 Tulungagung, 3) Bagaimana hasil pelaksanaan guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19 di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan data peneliti melalui tahap menggunakan perpanjangan keikutsertaan, Triangulasi, Pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi dan wawancara informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perencanaan guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19, seperti merumuskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, memiliki metode dan media yang cocok sesuai materi yang akan diajarkan, menentukan langkah-langkah pembelajaran, menentukan cara untuk memotivasi siswa. 2) pelaksanaan guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19, memberikan masukan dukungan, semangat, memberikan jempol saat selesai menegerjakan tugas, menceritakan pengalaman orang lain sehingga anak menjadi termotivasi, memberikan stiker emoticon pada saat selesai menegerjakan tugas, dan memberi nasehat, menggunakan media yang menarik seperti google form, youtube, e-learning, dan juga menggunakan metode yang menarik juga yaitu metode demonstrasi, resitasi, dan penugasan 3) hasil pelaksanaan guru dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid 19, peserta didik menjadi lebih aktif. Pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan, media dan metode yang digunakan juga menarik perhatian siswa sehingga siswa senang dalam melaksanakan pembelajaran. hal ini dapat meningkatakan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pandemi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173262 Miftakhul Nuril Janah
Date Deposited: 05 Jan 2022 08:02
Last Modified: 05 Jan 2022 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23894

Actions (login required)

View Item View Item