ETIKA ANJAR DWI SEPTIANI, 12210173140 (2021) PENGARUH METODE PETA KONSEP NETWORK TREE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (522kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (528kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Pengaruh Metode Peta Konsep Network Tree terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Etika Anjar Dwi Septiani, NIM. 12210173140, pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Kata kunci: metode peta konsep network tree, menulis teks eksposisi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa mengembangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi sehingga siswa merasa bosan saat proses pembelajaran. Metode peta konsep network tree berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi, terbukti bahwa siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar dan mampu mengembangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk teks eksposisi. Metode peta konsep network tree merupakan peta konsep yang ide pokoknya dibuat dalam sebuah persegi empat, sedangkan beberapa kata yang lain dihubungkan dengan garis-garis penghubung yang menunjukkan hubungan antara ide tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode peta konsep network tree terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2021/2022?. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode peta konsep network tree terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian siswa kelas kelas VIII D dan kelas VIII E. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes menulis eksposisi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji f dan uji independent sample t-test untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X (bebas) terhadap variabel Y (terikat). Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa hasil dari uji hipotesis uji f nilai sig adalah 0,000. Jadi, nilai sig 0,000 < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji f, yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian hasil dari uji independent sample t-test bahwa nilai A symp. Sig adalah 0,000. Jadi, nilai A symp. Sig 0,000 < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji independent sample t-test, data post-test kelompok kontrol dan post-test kelompok eksperimen Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode peta konsep network tree berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dengan nilai rata-rata post-test kelompok kontrol 74, sedangkan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen 87.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Literasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173140 ETIKA ANJAR DWI SEPTIANI |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:52 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23913 |
Actions (login required)
View Item |