PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 KEDIRI

NADEA INDAH PRATIWI, 12204173118 (2021) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri” ini ditulis oleh Nadea Indah Pratiwi, NIM. 12204173118, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar Disposisi matematis merupakan hal penting dalam suatu pembelajaran matematika. Pentingnya seorang siswa memiliki disposisi yang tinggi dapat membentuk individu siswa yang memiliki sikap bertanggungjawab, ulet, percaya diri, serta dapat membantu siswa memperbaiki dalam mencapai hasil yang diinginkan. Namun kenyataannya banyak siswa yang kurang memiliki percaya diri, minat, rasa ingin tahu terhadap matematika. Sebagian besar siswa menganggap bahwa mata pelajaran matematika termasuk pelajaran yang sulit dan tidak bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sehingga mengakibatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa cenderung rendah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pemahaman konsep dan hasil belajar, siswa harus memiliki disposisi matematis yaitu sikap yang positif terhadap matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri, 2) untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri, 3) untuk mengetahui besarnya pengaruh disposisi matematis terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 5 Kediri. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII I yang diambil dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Adapun teknik pengambilan data penelitian ini adalah 1) Angket, 2) Tes, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan bantuan SPSS 26.00. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh disposisi matematis terhadap pemahaman konsep siswa. Terbukti dengan nilai Sig. 0,006 < 0.05. 2) Ada pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa.. Terbukti dengan nilai Sig. 0,001 < 0.05. 3) Besar pengaruh disposisi matematis terhadap pemahaman konsep adalah sebesar 22,1%. Sedangkan besar pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 29,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173118 Nadea Indah Pratiwi
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:41
Last Modified: 06 Jan 2022 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item