KEMAMPUAN KONJEKTUR MATEMATIK DITINJAU DARI DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMPN 5 TULUNGAGUNG MATERI GARIS DAN BANGUN DATAR

FILLY MARTA SAKTYA WARDHANING MULYA, 12204173055 (2021) KEMAMPUAN KONJEKTUR MATEMATIK DITINJAU DARI DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMPN 5 TULUNGAGUNG MATERI GARIS DAN BANGUN DATAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Konjektur Matematik Ditinjau dari Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VII SMPN 5 Tulungagung Materi Garis dan Bangun Datar” ini ditulis oleh Filly Marta Saktya Wardhaning Mulya, NIM 12204173055, dengan Dosen Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Konjektur Matematik, Disposisi Berpikir Kreatif Matematis, Garis dan Bangun Datar. Kemampuan konjektur matematik merupakan suatu kebutuhan yang harus diaplikasikan dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memiliki keterampilan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga meningkatkan hasil belajar. Terlebih setiap siswa mempunyai disposisi berpikir kreatif matematis masing�masing dalam pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menghubungakan disposisi berpikir kreatif matematis dalam materi garis dan bangun datar dengan kemampuan konjektur matematik siswa di SMPN 5 Tulungagung. Tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan konjektur matematik ditinjau dari disposisi berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMPN 5 Tulungagung pada materi garis dan bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 5 Tulungagung dengan subjek penelitian diambil 4 siswa berdasarkan hasil angket disposisi berpikir kreatif matematis. Metode pengumpulan data berupa : (1) angket, (2) tes, (3) wawancara, (4) observasi, (5) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara : (1) ketekunan peneliti, (2) triangulasi, (3) pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan konjektur matematik siswa dengan disposisi berpikir kreatif matematis positif dalam materi garis dan bangun datar mampu menguji kumpulan data, mampu mengajukan model matematis, mampu membuat aproksimasi, mampu membuat spesifikasi tentang suatu hasil yang didapat dari suatu operasi atau percobaan, mampu mengajukan konjektur atau dugaan saat meneliti pola, serta mampu menguji konjektur menggunakan bukti formal. Dengan ini didapat kemampuan konjektur matematik yang baik, (2) Kemampuan konjektur matematik siswa dengan disposisi berpikir kreatif matematis negatif dalam materi garis dan bangun datar kurang mampu menguji kumpulan data, kurang mampu mengajukan model matematis, mampu membuat aproksimasi, mampu membuat spesifikasi tentang suatu hasil yang didapat dari suatu operasi atau percobaan, mampu mengajukan konjektur atau dugaan saat meneliti pola, serta tidak mampu menguji konjektur menggunakan bukti formal. Dengan ini didapat kemampuan konjektur matematik yang kurang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd. 12204173055 Filly Marta Saktya Wardhaning Mulya
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:47
Last Modified: 06 Jan 2022 07:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23924

Actions (login required)

View Item View Item