FILLY MARTA SAKTYA WARDHANING MULYA, 12204173055 (2021) KEMAMPUAN KONJEKTUR MATEMATIK DITINJAU DARI DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMPN 5 TULUNGAGUNG MATERI GARIS DAN BANGUN DATAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Konjektur Matematik Ditinjau dari Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VII SMPN 5 Tulungagung Materi Garis dan Bangun Datar” ini ditulis oleh Filly Marta Saktya Wardhaning Mulya, NIM 12204173055, dengan Dosen Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Konjektur Matematik, Disposisi Berpikir Kreatif Matematis, Garis dan Bangun Datar. Kemampuan konjektur matematik merupakan suatu kebutuhan yang harus diaplikasikan dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memiliki keterampilan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga meningkatkan hasil belajar. Terlebih setiap siswa mempunyai disposisi berpikir kreatif matematis masing�masing dalam pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menghubungakan disposisi berpikir kreatif matematis dalam materi garis dan bangun datar dengan kemampuan konjektur matematik siswa di SMPN 5 Tulungagung. Tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan konjektur matematik ditinjau dari disposisi berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMPN 5 Tulungagung pada materi garis dan bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 5 Tulungagung dengan subjek penelitian diambil 4 siswa berdasarkan hasil angket disposisi berpikir kreatif matematis. Metode pengumpulan data berupa : (1) angket, (2) tes, (3) wawancara, (4) observasi, (5) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara : (1) ketekunan peneliti, (2) triangulasi, (3) pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan konjektur matematik siswa dengan disposisi berpikir kreatif matematis positif dalam materi garis dan bangun datar mampu menguji kumpulan data, mampu mengajukan model matematis, mampu membuat aproksimasi, mampu membuat spesifikasi tentang suatu hasil yang didapat dari suatu operasi atau percobaan, mampu mengajukan konjektur atau dugaan saat meneliti pola, serta mampu menguji konjektur menggunakan bukti formal. Dengan ini didapat kemampuan konjektur matematik yang baik, (2) Kemampuan konjektur matematik siswa dengan disposisi berpikir kreatif matematis negatif dalam materi garis dan bangun datar kurang mampu menguji kumpulan data, kurang mampu mengajukan model matematis, mampu membuat aproksimasi, mampu membuat spesifikasi tentang suatu hasil yang didapat dari suatu operasi atau percobaan, mampu mengajukan konjektur atau dugaan saat meneliti pola, serta tidak mampu menguji konjektur menggunakan bukti formal. Dengan ini didapat kemampuan konjektur matematik yang kurang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aritmatika Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd. 12204173055 Filly Marta Saktya Wardhaning Mulya |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 07:47 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 07:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23924 |
Actions (login required)
View Item |