PUTRI FITRIANI FAJRIA, 12401173497 (2021) OPTIMALISASI STRATEGI LAYANAN MOBILE BANKING UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU/KCP NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (743kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Optimalisasi Strategi Layanan Mobile Banking Untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu/KCP Nganjuk” ini ditulis oleh Putri Fitriani Fajria, NIM 12401173497, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh Prof. Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengembangan era digital yang semakin canggih dan lebih memudahkan. Pemanfaatan teknologi pada sektor perbankan sangat membantu dalam proses pelayanan. Perbankan harus memberikan trobosan – trobosan agar kegiatan perbankan tetap berjalan dan memberikan pelayanan secara optimal kepada setiap nasabah dan dapat meningkatkan rasa kepuasan kepada setiap nasabah yang dapat berdampak positif pada tingkat loyalitasnya. Pada penelitian ini terdapat tiga masalah, yaitu bagaimana sistem optimalisasi mobile banking, bagaimana desain optimalisasi mobile banking dan bagaimana strategi layanan mobile banking untuk meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem, desain dan strategi layanan mobile banking untuk meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu teknik analisis deskriptif dengan sumber data yang diperoleh dari wawancara mendalam. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari lokasi penelitian dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan pihak bank dan nasabah. Data sekunder diperoleh dari literatur seperti buku, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Sistem optimalisasi mobile banking yang diterapkan oleh Bank Muamalat KCP Nganjuk dalam meningkatkan rasa loyalitas setiap nasabahnya yaitu sistem mobile banking memberikan kemudahan kepada para nasabah dan mobile banking senantiasa mengadakan update layanan, dengan memperbaiki sistem agar lebih lengkap dan dilakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan. (2) Desain optimalisasi mobile banking yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Nganjuk dalam meningkatkan rasa loyalitas pada nasabah yaitu memperhatikan fitur-fitur mobile banking agar tetap dapat diakses dengan mudah dan memiliki fitur-fitur yang menarik (3) Optimalisasi strategi layanan mobile banking dalam meningkatkan loyalitas nasabah Bank Muamalat KCP Nganjuk yaitu, dengan melakukan dan menerapkan lima dimensi yakni tangibles, realibilyty, responsiveness, assurannce, dan emphaty. Dalam mengoptimalkan mobile banking Bank Muamalat juga memberikan sosialisasi kepada nasabah antara lain mengedukasi nasabah, mengajak nasabah menggunakan mobile banking, sosialisasi dimedia sosial, mengoptimalkan sistem keamanan perbankan, serta memperbanyak fitur-fitur yang dibutuhkan nasabah. Kata kunci : Desain, Loyalitas, Mobile Banking, Optimalisasi, Strategi Layanan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Keuangan Islam Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Nasabah Ekonomi > Promosi Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12401173497 Putri Fitriani Fajria |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 01:44 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 05:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23928 |
Actions (login required)
View Item |