PENERAPAN KARAKTERISTIK BISNIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN HARGA JUAL DAN PRODUKSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN TRENGGALEK

DIAN OKTAVIANI, 12402173579 (2021) PENERAPAN KARAKTERISTIK BISNIS ISLAM GUNA MENINGKATKAN HARGA JUAL DAN PRODUKSI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (512kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Karakteristik Bisnis Islam guna Meningkatkan Harga Jual dan Produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Dian Oktaviani, NIM. 12402173579. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan karakteristik bisnis Islam dalam menjalankan sebuah usaha, agar usaha itu bisa berjalan lancar dan membawa berkah. Banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada, ada sebagian pemilik UMKM atau produsen yang masih belum memahami karakteristik bisnis yang sesuai dengan syariat Islam. Penerapan karakter bisnis Islam ini sangat penting dalam menjalankan usaha, berhasil tidaknya sebuah usaha juga dipengaruhi karakteristik bisnis Islam itu sendiri. Penerapan karakteristik bisnis Islam dapat meningkatkan harga jual dan produksi dari UMKM yang dilakukan, jadi dalam menjalankan sebuah usaha sebaiknya seorang produsen bisa memahami dan menerapkan karakter bisnis Islam. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah: (1) Bagaiamana pemahaman produsen terhadap karakteristik bisnis Islam pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaiamana penerapan karakteristik bisnis Islam dapat meningkatkan harga jual dan produksi Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Trenggalek? Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah pelaku usaha atau prodsuen dan konsumen UMKM di kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap selanjutnya menganalisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bahwa penerapan karakteristik bisnis Islam UMKM yang ada di Kabupaten Trenggalek sudah cukup baik. Sebagian besar produsen UMKM di Kabupaten Trenggalek sudah paham dan mengerti tentang karakteristik bisnis Islam, meskipun masih ada produsen yang belum memahaminya secara keseluruhan. (2) Penerapan karakteristik bisnis Islam pada UMKM di Kabupaten Trenggalek dapat meningkatkan harga jual dan produksi usaha. Harga jual dan produksi dapat meningkat ketika produsen mengimplementasikan karakteristik bisnis Islam. Kata kunci: Usaha Mikro, Harga jual, Produksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Harga
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173579 Dian Oktaviani
Date Deposited: 08 Jan 2022 01:54
Last Modified: 17 Jan 2022 04:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23956

Actions (login required)

View Item View Item