EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI GAMBAR BERSERI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI, BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

EMMA DEWI LATIFAH, 12210173066 (2021) EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI GAMBAR BERSERI PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTS BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI, BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (663kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latifah, Emma Dewi. NIM. 12210173066. 2021. Efektivitas Video Animasi Gambar Berseri pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari, Blitar Tahun Ajaran 2021/2022. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing. Dr. Erna Iftanti, S.S.,M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Media Video Animasi Gambar Berseri, Kemampuan Menulis Teks Ekplanasi. Latar belakang pada penelitian ini adalah sebuah permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di MTs Bustanul Ulum Minggirsari, Blitar. Permasalahan ini diperoleh peneliti dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti kepada beberapa siswa kelas VIII dan hasil perbincangan guru mata pelajaran bahasa Indonesia pada saat Mangang II berlangsung. Dari beberapa permasalahan yang ada, peneliti mengambil kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru pada saat mengajar masih terbatas dan monoton. Pada beberapa penelitian yang ada menunjukkan bahwa media video animasi efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang secara spesifik menguji apakah media video animasi gambar berseri efektif diterapkan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa MTs. Berdasarkan latar belakang penelitian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi gambar beseri pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari, Blitar. Media Video Animasi Gambar Berseri yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tentang fenomena alam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design yaitu, dalam rancanganya menggunakan lebih dari satu kelompok yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapat perlakuan sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak mendapatkan perlakuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yakni tergolong dalam Non-Probability Sampling yaitu, pengambilan sampel penelitian tanpa proses random melainkan atas pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII C dan kelas VIII D dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Data pada penelitian dikumpulkan melalui tes essay menulis teks eksplanasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan Statistik Uji T sampel berhubungan antara pretes-posstest kelas eksperimen dan pretes-posstest kelas kontrol dengan bantuan program SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelas eksperimen memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 taraf signifikasi maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan, pada kelas kontrol memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 taraf signifikasi maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen sebesar (7.500 > 4.000) kelas kontrol. Dengan demikian, kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata (mean) yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan urain di atas, dapat di simpulkan bahwa, kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran teks eksplanasi menggunakan media video animasi gambar berseri efektif dibandingkan dengan kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran teks eksplanasi tanpa menggunakan video animasi gambar berseri. Media video animasi gambar berseri efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari, Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173066 EMMA DEWI LATIFAH
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:38
Last Modified: 10 Jan 2022 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23974

Actions (login required)

View Item View Item