THE EFFECTIVENESS OF USING HELLO ENGLISH APPLICATION TO TEACH STUDENTS’ ENGLISH GRAMMAR AT FIRST GRADE OF MTSN 6 TULUNGAGUNG IN PANDEMIC COVID – 19

FEBRIAN DIAHAYU EKA KURNIAWATI, 12203173156 (2021) THE EFFECTIVENESS OF USING HELLO ENGLISH APPLICATION TO TEACH STUDENTS’ ENGLISH GRAMMAR AT FIRST GRADE OF MTSN 6 TULUNGAGUNG IN PANDEMIC COVID – 19. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawati, Febrian Diahayu Eka. NIM. 12203173156. 2021. “Efektivitas menggunakan Aplikasi Hello English untuk Mengajarkan Grammar Bahasa Inggris Siswa Kelas Pertama di MTsN 6 Tulungagung di Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Ida Isnawati, M.Pd. Kata Kunci: Keefektivitas, Aplikasi Hello English, Kemampuan Grammar, Masa Pandemi Covid-19 Tata bahasa merupakan salah satu komponen bahasa inggris karena dengan mempelajari tata bahasa dengan baik khususnya tenses dapat membantu mereka untuk dapat menggunakan bahasa inggris baik lisan maupun tulisan. Siswa dapat belajar tentang tata bahasa selama pandemi covid-19 dengan menggunakan smartphone. Sekarang, teknologi sangat membantu siswa ketika mereka belajar tata bahasa menggunakan aplikasi Hello English. Aplikasi Hello English untuk membantu mereka belajar membuat kalimat yang baik. Aplikasi Hello English merupakan media pembelajaran mobile yang dapat meningkatkan tata bahasa bahasa Inggris siswa di luar jam sekolah dan dapat digunakan kapan saja. Rumusan masalah penelitian: Apakah ada perbedaan yang signifikan dalam tata bahasa siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English dan yang tidak diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English pada kelas I MTSN 6 Tulungagung pada masa pandemi ? penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi Hello English untuk mengajar tata bahasa Inggris siswa kelas satu MTSN 6 Tulungagung pada masa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam grammar siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English dan mereka yang tidak diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English di kelas satu MTSN 6 Tulungagung di masa pandemi. Metode penelitian: 1) Desain penelitian penelitian ini adalah eksperimen semu dua kelompok dengan pre-test dan post-test. 2) Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTSN 6 Tulungagung. 3) sampel penelitian ini adalah VII 2 MTSN 6 Tulungagung. 4) variabel penelitian ada dua yaitu bebas dan terikat, variabel bebas penelitian menggunakan aplikasi Hello English dan variabel terikat penelitian adalah penguasaan tata bahasa siswa. 5) Instrumen penelitian ini berupa tes, yaitu pre-test, dan post-test. 6) analisis data menggunakan SPSS versi 26 dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Hello English efektif untuk mengajarkan tata bahasa bahasa Inggris siswa kelas I MTSN 6 Tulungagung di masa pandemi covid 19. Keefektifan aplikasi Hello English dapat dilihat dari perbedaan skor tata bahasa siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English dan yang tidak diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English di kelas I MTSN 6 Tulungagung dalam uraian berikut : Hasil uji t dengan SPSS 26.0 for windows terlihat pada nilai signifikansi sebesar 0,000. Itu kurang dari sig. Jadi, berarti hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan dalam tata bahasa siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English dan yang tidak diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English di kelas I MTSN 6 Tulungagung di masa pandemi diterima, sedangkan hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam tata bahasa siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English dan yang tidak diajar dengan menggunakan aplikasi Hello English di kelas satu MTSN 6 Tulungagung dalam pandemi ditolak. Jadi, penggunaan aplikasi Hello English efektif dalam pengajaran tata bahasa di kelas 1 MTSN 6 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Covid-19
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 12203173156 FEBRIAN DIAHAYU EKA KURNIAWATI
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:42
Last Modified: 17 Jan 2022 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item