PERBANDINGAN STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BMT BERKAH TRENGGALEK DAN BMT PETA TRENGGALEK

KHARISMA NOVIANI, 12401173328 (2021) PERBANDINGAN STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BMT BERKAH TRENGGALEK DAN BMT PETA TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Perbandingan Strategi Promosi Dan Pelayanan Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BMT Berkah Trenggalek Dan BMT Peta Trenggalek” ditulis oleh Kharisma Noviani, NIM. 12401173328, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Deny Yudiantoro, SAP., MM. Semakin ketatnya persaingan perbankan di Era Globalisasi sekarang ini, menyebabkan perusahaan harus mempunyai strategi agar mampu bersaing. Persaingan antar perusahaan demi memuaskan pelanggan terus meningkatkan, maka dengan adanya pelayanan dan promosi yang baik akan mempengaruhi tingkat kepercayaan nasabah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi dan pelayanan untuk meningkatkan jumlah nasabah pada BMT BERKAH Trenggalek Dan BMT PETA Trenggalek. 2)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi BMT BERKAH Trenggalek Dan BMT PETA Trenggalek dalam penerapan strategi promosi dan pelayanan. 3)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana solusi yang dilakukan BMT BERKAH Trenggalek Dan BMT PETA Trenggalek dalam mengatasi kendala penerapan strategi promosi dan pelayanan. 4) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan strategi promosi dan pelayanan untuk meningkatkan jumlah nasabah pada BMT BERKAH Trenggalek Dan BMT PETA Trenggalek Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan pada pembahasan yang akan diobservasi jenis penelitian yang dipakai merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah redeksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) Penerapan strategi promosi dan pelayanan yang dilaksanakan oleh Kopsyah BMT Berkah dan KSPPS BMT PETA dalam upaya untuk meningkatkan jumlah nasabahnya yaitu penguatan kualitas produk, kualitas layanan, dan pemanfaatan media massa untuk memperkuat sosialisasi kepada masyarakat luas dengan mengutamakan kecepatan pelayanan secara online maupun dengan offline. 2)Kendala yang dihadapi dari sisi internal yaitu berhubungan dengan kualitas yang dimiliki oleh BMT Berkah dan BMT PETA baik kualitas produknya maupun keualitas layanannya. Kendala dari sisi external yaitu persaingan, banyak muncul koperasi baru. 3)Solusi BMT Berkah dan BMT PETA yaitu menerapkan pola kerja yang baik, terutama dengan menjaga kaulitas produk dan pelayanan maksimal dan juga sikap ulet dan telaten. Kata Kunci: Strategi Promosi, Pelayanan, Jumlah Nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173328 Kharisma Noviani
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:33
Last Modified: 13 Jan 2022 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24075

Actions (login required)

View Item View Item