PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

NURUL JUWAIRYYAH, 12201173215 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Nurul Juwairyyah, 12201173215, 2021,”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Tulungagung”. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. H Asrof Safi’i M.Ag. Kata kunci : Picture and picture, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya teori yang dikemukakan Huda terkait, picture and picture merupakan suatu model pembelajaran menggunakan gambar sebagai media utama dalam proses pembelajaran yang mana dalam pembelajaran terdapat aktivitas berupa mengurutkan maupun memasang gambar menjadi ssesuatu ukuran yang logis. Model pembelajaran ini akan membangkitka keinginan membangkitkan rangsangan kegiatan belajar, bahwa model pembelajaran ini menjadi pengaruh terhadap peserta didik. Terkait teori peneliti hendak menguji teori tersebut pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 6 Tulungagung. Adapun pertimbangan pemilihan lokasi penelitian ini karena pembelajaran Sejarah Kebudayaan di MTsN 6 Tulungagung guru masih sering menggunakan pendekatan teacher centered, walaupun beberapa kali juga menerapkan pendekatan student centered namun peserta didik masih pasif. Pembelajaran SKI di MTsN6 Tulungagung juga sering menggunakan media pembelajaran seperti lembar kerja peserta didik, dan lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih media pembelajaran yang dipakai karena karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik menggunakan nonprobability sampling. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. Dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII H dan VIII I yang berjumlah 64 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah item sebanyak 17 pertanyaan dan tes dengan jumlah item 10 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan uji T yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan bantuan SPSS 16.0. Peneliti ini menunjukan bahwa (1) Hasil uji T post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,001. Nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Tulungagung. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini model pembelajaran kooperatif picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 6 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173215 Nurul Juwairyyah
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:56
Last Modified: 19 Jan 2022 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24253

Actions (login required)

View Item View Item