PROBLEMATIK GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DI SMP ISLAM AL-FATH PARE KEDIRI SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

AGUSTIN FIRDA DIANSARI, 12210173091 (2021) PROBLEMATIK GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DI SMP ISLAM AL-FATH PARE KEDIRI SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (374kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Agustin Firda Diansari. NIM 12210173091. Skripsi dengan judul “Problematik Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan di SMP Islam Al-Fath Pare Kediri secara Daring selama Pandemi Covid-19” disusun sebagai tugas akhir menempuh pendidikan di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci: Problematik Guru dan Siswa, Menulis Teks Ulasan, Daring. Penelitian ini dilandasi oleh pemberlakuan kegiatan pembelajaran secara daring dari rumah akibat adanya pandemi covid-19. Pembelajaran secara daring merupakan solusi agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat terlaksana. Namun pada pelaksanaannya, pembelajaran secara daring justru menimbulkan beberapa problematik yang dialami oleh guru dan siswa. Berdasarkan pengamatan awal, di SMP Islam Al-Fath PareKediri mengalami problematik, salah satunya adalah problematik dalam pembelajaran daring menulis teks ulasan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan ketidaksiapan guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Untuk itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait apa saja problematik dalam pembelajaran menulis teks ulasan secara daring dan bagaimana upaya mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) mendeskripsikan problematik guru dalam pembelajaran menulis teks ulasan di SMP Islam Al-Fath Pare Kediri secara daring selama pandemi covid-19, (2) mendeskripsikan problematik siswa dalam pembelajaran menulis teks ulasan di SMP Islam Al-Fath Pare Kediri secara daring selama pandemi covid-19, dan (3) mendeskripsikan upaya mengatasi problematik yang muncul dalam pembelajaran menulis teks ulasan di SMP Islam Al-Fath Pare Kediri secara daring selama pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancaradan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat problematik yang dialami oleh guru, yaitu (1) problematik pemilihan media, (2) problematik pembuatan tugas, dan (3) problematik penilaian pembelajaran. Terdapat juga problematik yang dialami siswa, yaitu (1) problematik siswa dalam menulis teks ulasan dari video drama, (2) problematik siswa yang kesulitan mengulas dari video, (3) problematik siswa yang kesulitan dalam menyusun kalimat dari hasil ulasan video drama menjadi sebuah teks ulasan, dan (4) problematik siswa tidak menuliskan teks ulasan lengkap dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Upaya untuk mengatasi problematik guru, yaitu(1) membuat media yang mudah dipahami dan mudah cara mengaksesnya, (2) memberikan tugas menulis teks dengan aturan yang tidak membebani siswa, (3) memberikan penilaian tidak hanya fokus pada hasil belajar siswa, akan tetapi juga pada proses pembelajaran. Sementara itu, upaya untuk mengatasi problematik siswa dalam menulis teks ulasan, yaitu (1) siswa mempelajari kembali materi teks ulasan dan contoh teks ulasan, (2) siswa memutar berulang-ulang video drama yang diberikan oleh guru dan siswa juga menuliskan hal-hal yang dianggap penting untuk membantu dalam proses menulis teks ulasan, dan (3) siswa menjadikan contoh teks ulasan sebagai pedoman untuk menulis teks ulasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Guru
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173091 Agustin Firda Diansari
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:55
Last Modified: 21 Jan 2022 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24276

Actions (login required)

View Item View Item