MAISAROH SETIANI, 12210173052 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul "Efektivitas Penggunaan Model Pembelajar Tematik dalam Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MA Darul Huda Wonodadi Blitar" ini ditulis oleh Maisaroh Setiani, NIM. 12210173052, pembimbing Mustofa ,S.S.,M.Pd. Kata kunci: Model pembelajaran, tematik, kontrol dan eksperimen, teks eksplanasi Model pembelajaran merupakan pedoman bagi tenaga pendidik dalam melangsungkan kegiatan belajar mengajar di kelas dan merupakan konseptual yang menggambarkan prosedur sistematis dalam pengorganisasian pengalaman belajar guna mencapai tujuan belajar. Model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran tematik berkaitan dengan 6 mata pelajaran yang memfokuskan pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema ( Pengaruh Pergaulan Bebas dan Penggunaan Obat Terlarang Terhadap Lingkungan) yang dituangkan dalam menulis teks eksplanasi. jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, Bentuk pre-experimental designs (the one gruoup pretest-posttest design) serta menggunakan model pembelajaran tematik. Populasi menggunakan dua kelas yaitu IIS sebagai kelas kontrol dan MIA sebagi kelas Eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes, tes dalam keterampilan menulis teks eksplanasi antara kelas kontrol (pembelajaran konvensional) dengan eksperimen (pembelajaran model tematik). Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) 25 for windows. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tematik Terhadap Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MA Darul Huda Wonodadi Blitar? Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan, maka hasil penelitian sebagai berikut: (1) Adanya hubungan yang signifikan antara efektivitas model pembelajaran tematik dalam keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MA Darul Huda Wonodadi Blitar dengan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang menekankan pada teks eksplanasi dengan memasukkan beberapa mata pelajaran Al Qur'an hadits, Akidah Akhlak, Biologi, Matematika, SKI dan Bahasa Indonesia. Sehingga siswa dapat berpikir kritis, inovatif dan kreatif. Hasil pembelajaran kelas eksperimen terdapat kenaikan yang signifikan dari kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan ilai uji Independent sampel t-test dengan nilai sebesar 0,000<0,05, maka hipotesis diterima. Efektivitas pembelajaran di kelas XI IIS sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan pembelajaran tematik dengan kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran tematik. Nilai rata-rata hasil belajar menulis teks eksplanasi kelas kontrol sebesar 75 dan kelas eksperimen sebesar 86 Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan kelas kontrol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173052 MAISAROH SETIANI |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 04:20 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24282 |
Actions (login required)
View Item |