PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X MAN 1 TRENGGALEK

ANIS SAFITRI, 12210173049 (2021) PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Anis Safitri, NIM. 12210173049, pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Kata Kunci : pengaruh, metode Sugesti Imanjinasi, keerampilan menulis, teks anekdot. Menulis merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan dalam pembelajaran, dalam pembelajaran kegiatan menulis kurang ditangani secara maksimal. Berdasarkan pentingnya keterampilan menulis, maka diperlukan sebuah metode yang dapat mempengaruhi keterampilan menulis siswa pada pembelajaran menulis teks anekdot. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah keterampilan menulis teks anekdot mata pelajaran bahasa Indonesia dengan metode Sugesti Imajinaasi di MAN 1 Trenggalek. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Trenggalek dengan sampel penelian yang digunakan yaitu siswa kelas X Mipa 1 dan X Mipa 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan instrument tes uraian dalam bentuk pre-tes dan post-test. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil data penelitian yang menunjukkan bahwa metode Sugesti Imajinasi efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X MAN 1 Trenggalek. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (taraf signifikan), Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu berdasarkan nilai post-test kelas kontrol diperoleh rata-rata 73,75 sedangkan nilai post-test kelas eksperimen diperoleh rata-rata 84,58. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan metode sugesti imajinasi dan yang tidak menerapkan metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis teks anekdot kelas X di MAN 1 Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173049 ANIS SAFITRI
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:39
Last Modified: 21 Jan 2022 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24289

Actions (login required)

View Item View Item