PERAN GURU IPS DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI SOSIAL SISWA KELAS VII PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

ELVINDA DWI YUNITASARI, 12209173046 (2021) PERAN GURU IPS DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI SOSIAL SISWA KELAS VII PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ‘’Peran Guru IPS dalam Menerapkan Nilai-Nilai Sosial Siswa Kelas VII pada Era Pandemi Covid-19 di MTs Al Huda Bandung Tulungagung’’ ini ditulis oleh Elvinda Dwi Yunitasari, NIM 12209173046, Jurusan Tadri Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru IPS, Nilai-Nilai Sosial (loves, responsibility, life harmony) pada Masa Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dilapangan terkait nilai-nilai sosial siswa yaitu sopan santun, disiplin, saling menghormati, dan lain lain yang cenderung kurang pada diri siswa dimana siswa terkadang melanggar atau kurang dalam bersikap dan bertingkah laku dikarenakan perpindahan dari MI ke MTs ditambah lagi diberlakukannya pembelajaran daring dimana siswa dan guru tidak bisa bertatap muka langsung. Oleh karena itu perlu adaya peran guru salah satunya guru IPS untuk menerapkan nilai-nilai sosial siswa kelas VII pada era pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan upaya guru IPS dalam menerapkan nilai-nilai sosial (loves, responsibility, life harmony) siswa kelas VII pada era pandemi covid-19, (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung guru IPS dalam menerapkan nilai-nilai sosial siswa kelas VII pada era pandemi covid-19, (3) untuk mengetahui dampak dari peran guru IPS dalam menerapkan nilai-nilai sosial siswa kelas VII pada era pandemi covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Upaya guru IPS dalam menerapkan nilai-nilai sosial sebagai berikut : pada upaya guru IPS dalam menerapkan nilai sosial loves dengan selalu mengingatkan siswa agar lebih baik lagi kepada orang tua dan peka. Upaya guru IPS dalam meningkatkan nilai sosial responsibility dengan mengingatkan, membimbing, mengarahkan, dan menegur siswa agar lebih baik lagi. Upaya guru IPS dalam menerapkan nilai sosial life harmony dengan mengingatkan, mengarahkan, shering, diskusi, dan memberi contoh dengan mengangkat materi-materi yang berkaitan dengan sekitar. (2) faktor penghambat guru IPS yaitu dikarenakan pembelajaran bersifat daring membuat guru IPS tidak bisa menilai siswa dengan baik dari sikap, sifat dan kelakuan secara langsung serta permasalahan sinyal setiap siswa berbeda. Faktor pendukung guru IPS yaitu dengan menggunakan dan memanfaatkan media online seperti whattsapp dimana guru membuat grub kelas masing-masing. (3) dampak dari peran guru IPS dalam menerapan nilai-nilai sosial siswa kelas VII pada era pandemi covid-19 yaitu siswa menjadi lebih peka, peduli terhadap sekitar, menerapkan protokol kesehatan, bersikap lebih sopan terhadap orang tua, lebih mengerti akan nilai-nilai sosial, lebih disiplin dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pandemi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173046 Elvinda Dwi Yunitasari
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:34
Last Modified: 24 Jan 2022 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24329

Actions (login required)

View Item View Item