ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA TERKAIT DENGAN CONCEPT IMAGE DAN CONCEPT DEFINITION BANGUN RUANG SISI DATAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE KELAS VIII B MTsN 3 KEDIRI

ANNISA' FIRDAUSI NUZULA, 12204173114 (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA TERKAIT DENGAN CONCEPT IMAGE DAN CONCEPT DEFINITION BANGUN RUANG SISI DATAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE KELAS VIII B MTsN 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Terkait Dengan Concept Image Dan Concept Definition Bangun Ruang Sisi Datar Dalam Pembelajaran Online Kelas VIII B MTsN 3 Kediri” ini ditulis oleh Annisa’ Firdausi Nuzula, NIM. 12204173114, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Bangun Ruang Sisi Datar, Pembelajaran Online. Saat ini penggunaan teknologi internet dalam dunia pendidikan semakin meningkat, sehingga akses pembelajaran sering dilakukan secara online. Penggunaan internet dalam proses pembelajaran haruslah dilakukan dengan baik dan terarah agar mampu memberikan pembelajaran yang berkualitas. Perlu adanya peningkatan bersama dalam metode pembelajaran, komunikasi dan interaksi antara siswa dan guru yang memudahkan aktifitas berbagi (sharing) sumber pembelajaran dan aktifitas diskusi tanpa terhalang oleh waktu dan ruang. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran online salah satunya yaitu kesulitan siswa dalam memahami konsep yang diberikan saat proses pembelajaran online. Siswa dengan proses pembelajaran online memiliki tingkat kemampuan pemahaman konsep yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa terkait dengan Concept Image dan Concept Definition dalam pembelajaran online kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas VIII-B MTsN 3 Kediri yang diambil berdasarkan nilai UAS dan atas pertimbangan guru mata pelajaran matematika. Subjek kemudian digolongkan dengan tingkat kemampuan pemahaman siswa tinggi, sedang, dan rendah. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematika tinggi mampu memenuhi seluruh langkah atau tahap dalam pemahaman konsep matematika yaitu Concept Image dan Concept Definition. Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematika sedang belum mampu memenuhi seluruh langkah atau tahap dalam pemahaman konsep matematika yaitu Concept Image dan Concept Definition. Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematika rendah tidak mampu memenuhi seluruh langkah atau tahap dalam pemahaman konsep matematika yaitu Concept Image dan Concept Definition.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173114 Annisa' Firdausi Nuzula
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:08
Last Modified: 25 Jan 2022 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24394

Actions (login required)

View Item View Item