PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP KEBAHAGIAAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 2 KEDUNGLURAH POGALAN TRENGGALEK

UMI KHOIRUN NISA, 12205173104 (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP KEBAHAGIAAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 2 KEDUNGLURAH POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Video terhadap Kebahagiaan dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Daring di SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek” ditulis oleh Umi Khoirun Nisa, NIM 12205173104, pembimbing Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : Media Pembelajaran Video, Kebahagiaan, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa pada saat pembelajaran daring, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan lebih fokus kepada guru. Hal lain juga disebabkan karena kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga siswa menjadi kurang bersemangat dan cepat merasa bosan dalam menerima pembelajaran. Dengan demikian diperlukan media pembelajaran yang menarik dan efektif pada pembelajaran daring. Upaya yang dilakukan guru ialah dengan cara menggunakan media pembelajaran video dalam proses pembelajaran. Diharapkan dengan menggunakan pembelajaran video dapat membantu siswa agar lebih semangat dan bisa membantu siswa dalam meningatkan hasil belajar. Rumusan Penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh media pembelajaran video terhadap kebahagiaan siswa kelas V pada pembelajaran daring di SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek? (2) Adakah pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran daring di SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek? (3) Adakah pengaruh media pembelajaran video terhadap kebahagiaan dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran daring di SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek? Pendekatan yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design atau desain eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Two Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Populasi pada penelitian ini berjumlah 37 siswa kelas V SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek dan SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling diperoleh sampel sebanyak 37 siswa yang berasal dari 20 siswa kelas V SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan 17 siswa kelas V SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji pra penelitian, analisis data gain score, dan uji hipotesis dengan bantuan software spss 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh media pembelajaran video terhadap kebahagiaan siswa kelas V pada pembelajaran daring di SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji manova, untuk kebahagiaan siswa diperoleh nilai sig. 0,004 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) Ada pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran daring di SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil ujimanova, untuk hasil belajar siswa diproleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, (3) Ada pengaruh media pembelajaran video terhadap kebahagiaan dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran daring di SDN 2 Kedunglurah Pogalan Trenggalek. Hal ini dapat diketahui berdasarkan uji manova untuk kebahagiaan dan hasil belajar siswa diproleh nilai sig. 0,004 dan 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12205173104 UMI KHOIRUN NISA
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:43
Last Modified: 26 Jan 2022 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24406

Actions (login required)

View Item View Item