LATIFAH AMINATUL KHUSNIA, 12205173187 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (927kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (394kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (522kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (330kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran Daring di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Latifah Aminatul Khusnia, NIM. 12205173187, Dosen Pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd, I. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Daring. Penelitian tentang strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik pada pembelajaran daring ini dilakukan menyikapi penanaman strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik pada pembelajaran daring dilapangan masih banyak guru yang mengalami permasalahan dari strategi guru dalam penanaman karakter peserta didik khususnya pada penanaman karakter religius, tanggung jawab, dan disiplin. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius peserta didik pada pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran daring di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitiannya di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan study dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, melakukan observasi dengan tekun dan sungguh-sungguh, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitiannya: 1) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius peserta didik pada pembelajaran daring yaitu: dalam menanamkan nilai nilai karakter religius peserta didik pada pembelajaran daring ini guru menerapkan program pembiasaan yaitu dengan berdoa sebelum belajar, sholat dhuha, dan membaca Al-Qur‟an. Pelaksanaan pembiasaanya yaitu dilakukan secara daring dengan memberikan perintah yang disampaikan melalui grub Whats App masing masing kelas, kemudian setelah itu peserta didik mengirimkan kembali ke grub Whats App tadi. 2) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada pembelajaran daring yaitu: dalam menanamkan nilai nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada pembelajaran daring ini guru menerapkan beberapa program pembiasaan, yaitu berbakti kepada kedua orang tua ketika di rumah, mengerjakkan tugas yang diberikan diberikan guru, pelaksanaannya yaitu guru memberikan perintah di grub Whats App dankemudian diminta untuk mengirimkan foto kegiatannya di grub Whats App tadi. 3) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran daring yaitu: dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran daring ini guru memberikan anjuran kepada peserta didik untuk selalu patuh terhadap prototokol kesehatan yaitu dengan menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak), olah raga, berjemur, dan minum air hangat. Pelaksanaannya seperti biasa, guru menyuuh siswa untuk mengirimkan foto kegiatannya di grub Whats App. Dan yang terakhir yaitu peserta didik mengumpulkan tugas yang diberikan guru dengan tepat waktu, dan absen di grub Whats App mulai pukul 07.00 tergantung waktu dan kondisi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173187 LATIFAH AMINATUL KHUSNIA |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:26 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24480 |
Actions (login required)
View Item |