Efektivitas Metode Think Pair Share terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022

RIRIN DWI SULISTYAWATI, 12210173045 (2021) Efektivitas Metode Think Pair Share terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Metode Think Pair Share terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Ririn Dwi Sulistyawati, NIM 12210173045, dosen pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Metode Think Pair Share, menulis teks deskripsi Proses pembelajaran menulis teks deskripsi yang kurang inovatif membuat siswa kurang berimajinasi untuk membuat sebuah karangan tulis. Hal ini disebabkan siswa kesulitan memilih kata, kesulitan merangkai kalimat, dan rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis. Penelitian ini akan membahas metode Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui efektivitas metode Think Pair Share terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Raudlatul Musthofa Rejotangan Tulungagung dengan sampel penelitian yang digunakan, yaitu siswa kelas VII-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis deskripsi. Uji hipotesis yang digunakan adalah t-test dengan menggunakan Paired Samples Statistics. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat hasil penelitian, yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan metode Think Pair Share dengan pembelajaran menulis teks deskripsi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Uji-t bisa dilakukan dengan menggunakan SPSS 25, yakni dengan menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk karena sampel yang diteliti kurang dari 50 sampel penelitian. Uji normalitas Shapiro Wilk dengan signifikan pre test 0,05 < 0,103 dan signifikan post test 0,05 < 0,142 jadi Hi terdistribusi normal. Jadi metode Think Pair Share mempunyai pengaruh terhadap pembelajaran dan efektif untuk digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Think Pair Share berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks deskripsi dengan nilai rata-rata hasil belajar pre test 63,87, sedangkan nilai rata-rata post test 80,45.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra > Naskah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173045 Ririn Dwi Sulistyawati
Date Deposited: 28 Jan 2022 05:50
Last Modified: 28 Jan 2022 05:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item View Item