PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI RA PERWANIDA KANDANGAN

AGNA RIZQY ALFASNA, 12206173024 (2021) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI RA PERWANIDA KANDANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Agna Rizqy Alfasna, 2021, “Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 45 Tahun Menggunakan Media FlashCard Di RA Perwanida Kandangan”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, UIN SATU Tulungagung, Dosen Pembimbing : Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata kunci: Huruf hijaiyah, Media flashcard Penelitian ini dilatarbelakangi penerapan media flashcard atau kartu huruf yang dinilai lebih efektif digunakan untuk mempercepat mengingat huruf hijaiyah dalam rangka pengembangan aspek kognitif dan aspek nilai agama moral. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti dan mengetahui lebih dalam tentang pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media flashcard di RA Perwanida Kandangan. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media flashcard di RA Perwanida Kandangan? (2) Bagaimana pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media flashcard di RA Perwanida Kandangan? (3) Bagaimana evaluasi pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media flashcard di RA Perwanida Kandangan?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dala penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah serta dokumen-dokumen dan data yang berkaitan pengenalan huruf hijaiyah dengan menggunakan media flashcard di RA Perwanida Kandangan. Hasil Penelitian dapat menunjukkan bahwa perencanaan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media flashcard di RA Perwanida Kandangan yaitu dengan penyusunan kurikulum yang memuat prota, rppm dan rpph serta menentukan jadwal pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah dan mempersiapkan materi serta media pembelajaran. Sedangkan pada pelaksanaannya pengenalan huruf hijaiyah dengan menggunakan media flash card di RA Perwanida memiliki dua cara yaitu dengan cara tebak-tebakan yang ditujukan untuk mengoptimalkan pembelajaran melalui media flashcard dan menggunakan media penunjang seperti buku iqro untuk membaca dan buku menulis huruf hijaiyah. Evaluasi pengenalan huruf hijaiyah dengan menggunakan media flash card di RA Perwanida Kandangan dilakukan dengan menyimak anak dalam membaca buku iqro atau dengan melihat buku menulisnya kemudian dapat dievaluasi dan diberi nilai dengan kategori berupa bintang 1 sampai 4. dengan adanya perencanaan pelaksanaan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyah menggunakan media flashcard tersebut maka dapat dinilai lebih maksimal daripada tanpa menggunakan media sama sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173024 AGNA RIZQY ALFASNA
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:38
Last Modified: 21 Feb 2022 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24602

Actions (login required)

View Item View Item