STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

INDAH LAILATUNNAIMMAH, 12205173030 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mewujudkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran Online Mata Pelajaran Tematik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Indah Lailatunnaimmah, NIM 12205173030, pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M. Fil. I. NIP. 198605282014032002. Kata Kunci: Strategi Guru, Kedisiplinan Siswa dan Pembelajaran Online. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan yang penting sebagai dasar kekuatan kedisiplinan sehingga mampu diwujudkan melalui akhlak yang mulia, pengendalian diri, dan kepribadian yang baik. Di sekolah terdapat tata tertib yang mengatur peserta didik untuk disiplin dan seluruh peserta didik harus mentaati aturan. Adanya aturan mengenai kedisiplinan akan membuat proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berjalan dengan tertib, efektif, dan efisien. Menanamkan nilai kedisiplinan kepada peserta didik tentu bukan suatu hal yang mudah. Guru harus memiliki strategi yang cocok dengan karakteristik, kondisi, dan situasi peserta didik. Penggunaan strategi yang tepat akan mempermudah guru dalam mendisiplinkan peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mewujudkan kedisiplinan peserta didik melalui pembelajaran online berbasis e-learning pada mata pelajaran IPS di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. (2) Bagaimana strategi guru dalam mewujudkan kedisiplinan peserta didik melalui pembelajaran online berbasis Whatsapp Group pada mata pelajaran IPS di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. (3) Bagaimana implikasi strategi guru dalam mewujudkan kedisiplinan peserta didik melalui pembelajaran online pada mata pelajaran IPS di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penyajian data secara deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan ketekunan/ keajegan pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam mewujudkan kedisiplinan siswa melalui pembelajaran online berbasis e-learning pada mata pelajaran IPS di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, yaitu: a) pengecekan kehadiran siswa di e-learning; b) memantau aktivitas siswa di e-learning; c) pembiasaan sholat dhuha dan sholat fardhu; d) pemberian semangat, motivasi dan pengertian. 2) strategi guru dalam mewujudkan kedisiplinan siswa melalui pembelajaran online berbasis Whatsapp Group pada mata pelajaran IPS MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, yaitu: a) pembelajaran melalui whatssapp group; b) pemberian reward; c) pemberian peringatan. 3) implikasi strategi guru dalam mewujudkan kedisiplinan peserta didik melalui pembelajaran online pada mata pelajaran IPS di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, yaitu: a) Peralihan pelaksanaan pembelajaran dari tatap muka menjadi online; b) Pembelajaran menggunakan aplikasi e-learning; c) Pembelajaran menggunakan whatsapp group.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173030 INDAH LAILATUNNAIMMAH
Date Deposited: 02 Feb 2022 05:11
Last Modified: 02 Feb 2022 05:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24624

Actions (login required)

View Item View Item