PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU KAB. TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

BERRY BRAMANTYO, 12205173192 (2022) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU KAB. TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Berry Bramantyo. NIM 12205173192. Pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Huda Pojok, Ngantru Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing bapak Saiful bahri M.Pd.I Kata Kunci: Reward, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga mengakibatkan hasil siswa kurang maksimal. Peneliti menggunakan metode pembelajaran Reward yaitu pembelajaran alat pendidik yang diberikan ketika anak melakukan yang baik atau telah mencapai target tertentu sehingga anak termotivasi untuk menjadi lebih baik Sehingga diharapkan siswa mampu meningkatkan hasil belajar dan otomatis meningkatkan prestasi belajar. Dan peneliti memfokuskan pada hasil belajar siswa dimana hasil belajar menjadi salah satu skala tingkat keberhasilan pembelajaran yang berlangsung dan dapat dihitung melalui hasil belajar tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah Pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Huda Pojok, Ngantru Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2021-2022. Adapun yang menjadi tujuan dari eksperimen ini yaitu dapat memberikan gambaran mengenai pengaruh metode pembelajaran ini terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Aqidah akhlak di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tahun Ajaran 2021-2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode eksperimen yang diterapkan adalah Quasi Experiment dengan Non Equivalent Control Grup Design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Pengumpulan data menggunakan tehnik tes yaitu menggunakan nilai post-test sedangkan analisi data menggunakan tehnik uji pra penelitian (uji normalitas dan reabilitas ) dan uji pra analisis (normalitas, homogenitas dan uji t). Hasil dari penelitian memberikan keterangan peneliti telah membuktikan terdapat pengaruh dengan adanya metode pembelajaran reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Huda Pojok, Ngantru Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2021-2022. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t untuk hasil akhir belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak diperoleh Sig(2-tailed) sebesar 0,00. Karena siginifikasi˂0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model pembelajaran reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Darul Huda Pojok, Ngantru Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2021-2022.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Reward dan Punishment
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173192 BERRY BRAMANTYO
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:02
Last Modified: 04 Feb 2022 05:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24720

Actions (login required)

View Item View Item