IMPLEMENTASI MEDIA PLAYDOUGH dalam PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS KELOMPOK A DI TKIT AL ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG

KIKI PUTRI MUSTIKARANI, 12206173028 (2022) IMPLEMENTASI MEDIA PLAYDOUGH dalam PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS KELOMPOK A DI TKIT AL ASROR RINGINPITU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Media Playdough dalam Pembelajaran Motorik halus Kelompok A di TKIT Al Asror Ringinpitu” ini ditulis oleh Kiki Putri Mustikarani, NIM. 12206173028 dengan dosen pembimbing Bapak Dr. Phil. Syaifudin Zuhri, M.A. Kata Kunci: Media Playdough, Motorik Halus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran motorik halus karena merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu anak secara keseluruhan. Selain itu, motorik halus juga berfungsi melatih keterampilan, dan ketangkasan anak. Maka diperlukan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran motorik halus salah satunya adalah media playdough. Penggunaan media playdough menjadikan pembelajaran menarik dan menyenangkan, serta keterampilan motorik halus anak akan tercapai. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana persiapan penerapan media playdough dalam pembebelajaran motorik halus anak kelompok A di TKIT Al Asror Ringinpitu? (2) Bagaimana proses penerapan dari media playdough dalam pembelajaran motorik halus anak kelompok A di TKIT Al Asror Ringinpitu? (3) Bagaimana evaluasi penerapan media playdough dalam pembelajaran motorik halus anak kelompok A di TKIT Al Asror Ringinpitu?. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan Data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, penyanjian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data menggunakan Kepercayaan (kreadibility), Triangulasi, Keteralihan (transferability), Kebergantungan (depandabiity), dan Kepastian (confirmmability). Hasil penelitian menunjukan (1) Persiapan implementasi media playdough dalam pembelajaran motorik halus kelompok A di TKIT Al Asror Ringinpitu dengan menyediakan fasilitas berupa media playdough, selanjutnya guru membuat perangkat pembelajaran berupa PROTA, PROSEM, RPPM, dan RPPH, yang terakhir dengan meningkatakan kekreatifian guru kelompok A. (2) Penerapan implementasi media playdough dalam pembelajaran motorik halus kelompok A di TKIT Al Asror Ringinpitu menggunakan metode demosntrasi dalam menyampaikan materi, kemudian memilihkegiatan yang tepat. (3) Evaluasi implementasi media playdough dalam pemeblajaran motorik halus kelompok A di TKIT Al Asror Ringinpitu respon yang baik dari anak, terdapat peningkatan aspek perkembangan motorik halus, efektifnya media playdough, layaknya media playdough dipertahankan sebagai media yang digunakan untuk mengasah motorik halus anak kelompk A.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173028 Kiki Putri Mustikarani
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:20
Last Modified: 04 Feb 2022 08:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24759

Actions (login required)

View Item View Item