Pembelajaran PAI Berbasis Sekolah Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di SMP Alam Insan Cendekia Bondowoso)

ANA SAFITRI, 12506194007 (2022) Pembelajaran PAI Berbasis Sekolah Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di SMP Alam Insan Cendekia Bondowoso). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran PAI Berbasis Sekolah Alam ” ini ditulis oleh Ana Safitri dengan dibimbing oleh Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd dan Prof. Dr. Sokip, S.Ag.M.Pd.I Kata Kunci : Pembelajaran PAI, Karakter Siswa Penelitian dalam Tesis ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dialaksanakn di Sekokah Alam Insan Cendekia Bondowoso memiliki keunikan dan potensi yang menjadikan alam sebagai sumber belajar dalam mengembangkan karakter anak. Melalui program khas yang dimiliki oleh sekolah, pelaksanan yang terperinci serta pemanfaatan media yang dijadikan sebagai sumber belajar anak yang menjadikan anak semakin semangat, kreatif serta tidak lupa mendapatkan nilai – nilai kegamaan yang di ajarkan oleh guru. Oleh karenanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam perlu dikemas secara komprehensif dan mampu menyentuh kesadaran peserta didik untuk menjadi hamba yang beriman dan beramal shaleh. Rumusan masalah dalam penulisan Tesis ini adalah : (1) Bagaimana Program Pembelajaran PAI Berbasis Sekolah Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Alam Bondowoso? (2) Bagaimana Proses Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis Sekolah Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Alam Bondowoso? (3) Bagaimana Pemanfaatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Sekolah Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Alam Bondowoso? Tesis ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan program pembelajaran pai berbasis sekolah alam dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Alam Bondowoso. (2) Mendeskripskan proses pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis sekolah alam dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Alam Bondowoso. (3) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran PAI berbasis sekolah alam dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Alam Bondowoso. . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan Studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data diawali dari (1) reduksi data (2) penyajian data (3) pengambilan kesimpulan. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis data kasus individu dan analisis lintas kasus. Serta dalam pengecekan keabsahan datanya menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependebilitas, dan konfirmabilitas. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Program pembelajaran pai di sekolah alam yaitu mampu menganalisis isi bahan ajar berdasarkan kurikulum yang digunakan secara tepat dan memaksimalkan fungsi dari bahan ajar tersebut sehingga siswa siswi mampu menguasai kompetensi dari ranah kognitif, afektif dan psikomotorik Pendidikan Agama Islam (PAI) sesuai kompetensi yang haus dikuasai. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran PAI yaitu kreativitas guru pada pengembangan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu dengan cara memilih metode pembelajaran yang tepatsesuai materi dan keadaan siswa, serta dapat menggunakan metode tersebut dengan baik sehingga metode yang dipilih cocok dalam meningkatkan pengetahuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan baik. (3) pemanfaatan Media pembelajaran pai yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang ada dan memaksimalkan fungsinya serta memilih media pembelajaran yang tepat sesuai materi dan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa sehingga media pembelajaran yang digunakan mampu meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan tepat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194007 ANA SAFITRI
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:04
Last Modified: 07 Feb 2022 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24774

Actions (login required)

View Item View Item