STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL FATTAHIYAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG

MUHAMAD QOMARUDIN, 17201163203 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL FATTAHIYAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta didik di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Qomarudin NIM 17201163203, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini M.A Kata Kunci: Strategi Guru, akhlakul Karimah Pendidikan Akhlak merupakan proses yang dilakukan seseorang atau pendidik dengan menggunakan metode yang tepat agar peserta didik mempunyi perilaku yang baik. Pembelajaran akhlak seharusnya dijadikan prioritas utama dalam kegiatan belajar mengajar, karena akhlak merupakan roh dari semua mata pelajaran yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui keteladanan di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagug. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui pembiasaan di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagug. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui nasehat di SMP Islam Al Fattahiyah Boyolangu Tulungagug. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi meode), dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian. pertama Strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui keteladanan meliputi guru selalu datang tepat waktu, guru mengucapkan salam dan berjabat tangan, guru selalu berpakaian rapi dan sopan, guru selalu mengikuti setiap kegiatan keagamaan bersama-sama dengan peserta didik. Kedua, Strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui pembiasaan meliputi guru membiasakan peserta didik berdo’a dan membaca asmaul husna, guru membiasakan peserta didik menggunakan bahasa jawa (krama inggil) dalam berkomunikasi, guru membiasakan peserta didik melaksanakan shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah. Ketiga, Strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik melalui nasehat meliputi guru memberikan nasehat ketika proses pembelajaran, guru memberikan nasehat melalui teguran dan hukuman, guru memberikan nasehat melalui pendekatan personal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163203 MUHAMAD QOMARUDIN
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:43
Last Modified: 09 Feb 2022 08:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24817

Actions (login required)

View Item View Item