KEMAMPUAN INTUITIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TINGKAT SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR

HANIK LATIFAH, 12204173085 (2021) KEMAMPUAN INTUITIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TINGKAT SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Intuitif Matematis Siswa Berdasarkan Tingkat Self Confidence Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar” ini ditulis oleh Hanik Latifah, NIM. 12204173085, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Intuitif Matematis, Self Confidence, Menyelesaikan Masalah, Bangun Datar Ketika menyelesaikan masalah matematika, terkadang siswa membutuhkan proses mental segera yang berbeda agar dapat menyelesaikan masalah matematika khususnya materi bangun datar. Kemampuan siswa dalam memahami sekaligus menemukan strategi penyelesaian masalah secara cepat dan segera dipengaruhi oleh aktivitas mental yang ditopang oleh kemampuan berpikir intuitif. Salah satu faktor munculnya munculnya kemampuan intuitif siswa adalah feeling dan keyakinan yang kuat untuk menyelesaikan suatu masalah. Adapun perbedaan tingkat kepercayaan diri memungkinkan adanya perbedaan kemampuan intuitif yang muncul dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan intuitif matematis siswa dengan self confidence tinggi dan self confidence rendah dalam menyelesaikan maslaah bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 6 Tulungagung kelas VII A semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan self confidence tinggi dan 2 siswa dengan self confidence rendah. Data penelitian ini berupa hasil kuisioner tingkat percaya diri siswa sehingga diperoleh subjek yang sesuai, hasil tes dan wawancara siswa yang mengungkap kemampuan intuitif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun. Teknik pengumpulan data yang d igunakan adalah kuisioner (angket), tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian ini yaitu lembar angket percaya diri, lembar tes kemampuan intuitif siswa materi bangun datar dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan self confidence tinggi dalam menyelesaikan masalah bangun datar mampu menyelesaikan dengan jawaban yang masuk akal, mampu menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki, dan mampu menyelesaikan masalah dengan memberi alasan berupa generalisasi konsep yang dipelajari. Hal ini berarti siswa dengan self confidence tinggi mampu menggunakan kemampuan berpikir intuitif matematis dalam menyelesaikan masalah bangun datar. (2) Siswa dengan self confidence rendah belum mampu menyelesaikan masalah dengan jawaban yang masuk akal, sedikit menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang sudah dimiliki, belum mampu menyelesaikan masalah dengan memberikan alasan berupa generalisasi konsep yang dipelajari. Hal ini berarti siswa dengan self confidence rendah belum mampu menggunakan kemampuan berpikir intuitif matematis dalam menyelesaikan masalah bangun datar secara maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173085 HANIK LATIFAH
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:30
Last Modified: 23 Feb 2022 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24991

Actions (login required)

View Item View Item