PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTs TANWIRUL QULUB YPPMU DUKUN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FENI AYU LESTARI, 17204163233 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTs TANWIRUL QULUB YPPMU DUKUN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di MTs Tanwirul Qulub YPPMU Dukun Gresik Tahun Pelajaran 2019/2020” oleh Feni Ayu Lestari, NIM 17204163233, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Flipped Classroom, hasil belajar Keberhasilan belajar dapat tercapai dengan baik apabila guru mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Salah satu alternatif yang dapat membantu yaitu menggunakan model pembelajaran yang inovatif, diantaranya model pembelajaran flipped classroom. Dimana model ini melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran dikelas lebih bermakna dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di MTs. Tanwirul Qulub YPPMU Gresik. 2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di MTs. Tanwirul Qulub YPPMU Gresik. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan bentuk one group pretest-prosttest design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik sampling dalam penelitian ini dilakuan secara menyeluruh (sampel jenuh). Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 24. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di MTs Tanwirul Qulub YPPMU Dukun Gresik yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,00. 2) besarnya pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di MTs. Tanwirul qulub YPPMU Gresik yaitu 82% dengan kategori tinggi hal ini dikarenakan faktor kecerdasan, minat belajar, dan kebiasaan belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163233 FENI AYU LESTARI
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:17
Last Modified: 23 Feb 2022 05:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25011

Actions (login required)

View Item View Item