BADRUZAMAN NURDIANA, 12201173449 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PRILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (445kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (215kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (337kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Menanamkan Prilaku Islami Peserta Didik Di SMAN 1 Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Badruzaman Nurdiana, NIM. 12201173449, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, Pembimbing: Ibu Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Prilaku Islami Pendidikan agama Islam di sekolah sering dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keberagaman peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Sekarang ini untuk mengamalkan kegiatan keagamaan sudah mulai pudar, selain itu adab dan sopan santun yang sangat berkurang kepada guru dan orang tua. Fenomena tersebut disebabkan adanya pemahaman yang kurang benar tentang keberagamaan. Oleh sebab itu, guru mempunyai peran penting dalam pembinaan pengetahuan dan pengalaman beragama anak. Fokus penelitian ini adalah : (1) Strategi guru PAI sebagai pendidik dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik di SMAN 1 Karangan Trenggalek? (2) Strategi guru PAI sebagai model dan teladan dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik di SMAN 1 Karangan Trenggalek? (3) Strategi guru PAI sebagai evaluator dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik di SMAN 1 Karangan Trenggalek? Adapun menjadi tujuan ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI sebagai pendidik dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik di SMAN 1 Karangan Trenggalek? (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI sebagai model dan teladan dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik di SMAN 1 Karangan Trenggalek? (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI sebagai evaluator dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik di SMAN 1 Karangan Trenggalek? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, lokasi penelitiannya di SMAN 1 Karangan Trenggalek, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu narasumber, peristiwa dan dokumen. Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan/keikutsertaan peneliti, peningkatan ketekunan/keajegan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian: (1) Strategi guru PAI sebagai pendidik dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik adalah dengan pembuatan RPP dalam pembelajarannya dan di luar pembelajaran dengan mengadakan rapat, (2) Strategi guru PAI sebagai model dan teladan dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik yaitu dengan membiasakan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, pemberian materi keagamaan, pemberian nasihat dan contoh, Pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) dan berjabat tangan, kegiatan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, pembiasaan infaq dan PHBI, (3) Strategi guru PAI sebagai evaluator dalam menanamkan prilaku Islami peserta didik yaitu penilaian guru berupa ulangan, quis dan ujian, dan pantauan langsung berupa praktek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173449 Badruzaman Nurdiana |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 02:33 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25142 |
Actions (login required)
View Item |