PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN DI MTs NEGERI 6 TULUNGAGUNG

BINTI AINUR RUSYDIYAH, 12204173221 (2021) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN DI MTs NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengaruh Adversity Quotient dan Locus of Control terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran di MTs Negeri 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Ainur Rusydiyah, NIM. 12204173221, dengan pembimbing Dra. H. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D. Kata Kunci: Adversity Quotient, Locus of Control, Kemampuan Pmecahan Masalah Berdasarkan survey di MTs Negeri 6 Tulungagung, kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Hal itu ditunjukkan dengan sikap siswa yang cenderung menyelesaikan masalah dengan meniru penyelesaian yang diperagakan oleh guru dan ketika dihadapkan pada soal non-rutin atau permasalahan nyata mereka merasa kesulitan. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Salah satunya adalah adversity quotient. Adversity quotient adalah bentuk kecerdasan yang berupa kemampuan dalam menghadapi, bertahan dan keluar dari kesulitan dalam keadaan sukses. Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah locus of control. Locus of control merupakan tingkat dimana individu yakin bahwa mereka adalah penentu nasib mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh adversity quotient dan locus of control terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi lingkaran di MTs Negeri 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Tulungagung dengan sampel 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII B. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket adversity quotient, dan angket locus of control. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 64,6% (2) terdapat pengaruh locus of control terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 30,4% (3) terdapat pengaruh adversity quotient dan locus of control terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 89,2% .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173221 Binti Ainur Rusydiyah
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:23
Last Modified: 07 Mar 2022 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25149

Actions (login required)

View Item View Item