PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOKLET PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF BERDASARKAN POTENSI WILAYAH UNTUK KELAS IX DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

PUTRI AYU DEFI, 12209173068 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOKLET PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF BERDASARKAN POTENSI WILAYAH UNTUK KELAS IX DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar E-Booklet Pada Mata Pelajaran IPS Materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah Untuk Kelas IX di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Putri Ayu Defi, NIM. 12209173068, pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati., S. S., M. Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Bahan ajar, E-booklet Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar dalam mempelajari mata pelajaran IPS khususnya pada materi mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada saat magang telah ditemukan bahwa minimnya bahan ajar yang digunakan pada saat pembelajaran, apalagi pada saat pembelajaran daring siswa kurang memperhatikan dan belum memahami materi sehingga banyak peserta didik yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil observasi tersebut diperlukan inovasi sebagai bahan ajar tambahan yang lebih menyenangkan dan mudah digunakan. Dengan memanfaatkan bahan ajar e-booklet diharapkan mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana pengembangan bahan ajar E-booklet pada mata pelajaran IPS materi mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk Guru IPS kelas IX Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar ? (2) Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan da keefektifan bahan ajar E-booklet pada mata pelajaran IPS materi mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk kelas IX Mts Ma’arif Bakung Udanawu Blitar ?. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE yaitu, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Berdasarkan hasil uji validasi ahli media menunjukkan kriteria valid dengan rincian presentase 83,80%, hasil uji validasi ahli materi menunjukkan kriteria valid dengan rincian presentase 81,6% dan hasil uji validasi dari guru mata pelajaran IPS menunjukkan kriteria valid dengan presentase sebesar 85%, berdasarkan hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar praktis digunakan, angket respon peserta didik menyatakan bahwa bahan ajar praktis digunakan, nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik lebih dari 75% yaitu sebesar 84,40% serta analisis pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan presentase siswa yang bertanya sebesar 16,66% menunjukkan bahwa bahan ajar praktis digunakan. Hasil uji keefektifan bahan ajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-booklet selama proses pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Ekonomi > Entrepreneur
Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209173068 PUTRI AYU DEFI
Date Deposited: 10 Mar 2022 07:42
Last Modified: 10 Mar 2022 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25176

Actions (login required)

View Item View Item