EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI MAN 1 TRENGGALEK

LIANISA RHOUSANDA, 12211173030 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di MAN 1 Trenggalek” ditulis oleh Lianisa Rhousanda, NIM 12211173030, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Insstitut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Problem Based Learning¸ Unit Kegiatan Belajar Mandiri, Motivasi, Hasil Belajar. Latar belakang penelitian ini adalah siswa beranggapan materi fluida statis sulit, sehingga siswa acuh terhadap pelajaran fisika. Pembelajaran masih berfokus pada guru, rendahnya motivasi belajar siswa terhadap materi Fluida statis, dan Hasil belajar fisika siswa pada konsep fluida statis masih rendah selain itu Pembelajaran fisika pada UKBM yang bersifat mandiri dan membutuhkan metode yang tepat digunakan untuk merangsang motivasi belajar siswa sehingga tercapai hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi fluida statis di MAN Trenggalek. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperiment. Bentuk desain yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 yang ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan dua jenis pengujian. Hipotesis ke-1 dan ke-2 mengunakan uji t-test sedangkan pada hipotesis ke-3 menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya efektivitas yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) terhadap Motivasi belajar siswa pada materi fluida statis di MAN Trenggalek. ditinjau dari uji hipotesis berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, karena 0,000 ≤ 0,05 maka Ho ditolak H1 diterima.(2) adanya efektivitas yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Fluida Statis di MAN Trenggalek. ditinjau dari hasil uji hipotesis berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, karena 0,000 ≤ 0,05 maka Ho ditolak H1 diterima.(3) Adanya efektivitas yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning berbasis unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) terhadap Motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa pada materi Fluida Statis di MAN Trenggalek. ditinjau dari uji hipotesis manova menunjukkan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Efektif terhadap motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa pada materi Fluida Statis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: lianisa rhousanda
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:54
Last Modified: 15 Mar 2022 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25225

Actions (login required)

View Item View Item