IMAM SHOBAHUL MUTTAQIN, 12204173261 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN BERPIKIR ANALITIS SISWA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII A MTS DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (176kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul” Analisis Kemampuan Representasi Dan Berpikir Analitis Siswa Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmetika Sosial Di Kelas VII A Mts Darissulaimaniyyah Trenggalek” ini ditulis oleh Imam Shobahul Muttaqin, NIM. 12204173261, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Representasi, Berpikir Analitis, Aritmetika Sosial Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana kemampuan representasi dan berpikir analitis masih kurang, mengingat begitu pentingnya kedua kemampuan harus dikembangkan karena untuk merubah siswa akan menjadi lebih baik dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis, sistematis, inovatif dan lain-lain, juga meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan masalah Aritmetika sosial ditinjau dari hasil belajar siswa di kelas VII MTs. Darissulaimaniyyah. (2) Mendeskripsikan kemampuan analitis siswa dalam menyelesaikan masalah Aritmetika sosial ditinjau dari hasil belajar siswa di kelas VII MTs. Darissulaimaniyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun lokasi penelitian yang dipilih adalah MTs. Darissulaimaniyyah Trenggalek dengan subjek penelitian yang diambil 6 siswa kelas VII berdasarkan hasil tes. Data yang digunakan adalah data hasil tes siswa dan wawancara dengan siswa. Tes yang diberikan adalah tes soal dengan materi aritmetika sosial. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh informasi yang mendalam. Analisis yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan representasi pada subjek hasil belajar tinggi hanya satu yang tidak memenuhi ketiga indikator, sedangkan lainnya dengan hasil belajar sedang dan rendah mampu memenuhi dua indikator dari tiga indikator kemampuan representasi, (2) kemampuan berpikir analitis pada subjek hasil belajar tinggi hanya satu yang dapat memenuhi ketiga indikator, sedangkan lainnya dengan hasil belajar sedang dan rendah hanya mampu memenuhi pada dua indikator dari ketiga indikator kemampuan berpikir analitis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173261 Imam Shobahul Muttaqin |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 02:01 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 02:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25416 |
Actions (login required)
View Item |