PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VII MTS NU GARUM

FATWA MAHARANI, 17306163044 (2021) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VII MTS NU GARUM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Fatwa Maharani, 2021, “Pengaruh Konsep Diri terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas VII MTs Nu Garum”. Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaagung. Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Konsep Diri, Perilaku Bullying, Siswa Kelas VII Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang telah ditemui dilapangan ketika peneliti melakukan observasi dan wawancara di MTs NU Garum, yang mana ada banyaknya siswa yang melakukan perilaku Bullying. Permasalah pada siswa kelas VII MTs NU Garum baik laki- laki maupun perempuan melakukan bullying secara verbal seperti mengejek, mengolok- olok, mengucilkan, dll. Permasalahan yang dialami oleh siswa tersebut terjadi dikarenakan oleh lingkungan mereka, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal mereka. Pada usia ini mereka memang cenderung menirukan apa yang telah mereka lihat, sehingga hal ini bisa menyebabkan perilaku bullying mereka tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap perilaku bullying siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU Garum. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif regresi dengan melibatkan seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Garum. Sumber data brasal dari instrumen angket konsep diri dan perilaku bullying yang diuji dengan menggunakan bantuan SPSS 20. Hasil hitung dari uji validitas konsep diri terdapat 65 item pernyataan, yang mana ada 52 item pernyataan telah dinyatakan valid, dan sedangkan ada 13 item pernyataan yang lain dinyatakan tidak valid. Sedangkan uji validitas perilaku bullying terdapat 60 item pernyataan yang mana telah diujikan ada 43 item pernyataan dinyatakan valid, dan ada 17 item pernyataan yang lain dinyatakan tidak valid. Hasil reliabilitas instrumen konsep diri dengan koefisien alpha sebesar 0, 943. Sedangkan hasil reliabilitas instrumen perilaku bullying dengan koefisien alpha sebesar 0,947. Penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana untuk meramalkan pengaruh sebuah variabel prediktor dengan dengan sebuah variabel kriterium atau bisa dikatakan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat merupakan salah satu fungsi dari uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh konsep diri terhadap perilaku bullying pada siswa kelas VII MTs NU Garum dengan hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,044 < 0,05. Adapun uji asumsi dengan uji heteroskedastisitas diperoleh nilai sig. 0,044 maka dapat disimpulkan bahwa dalam uji heteroskedastisitas ini tidak terjadi gejala heteroskedastisitas karena nilai 0,044 > 0,005. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa konsep diri mempengaruhi perilaku bullying. Harapan selanjutnya yaitu perilaku bullying semakin berkurang dan penelitian ini bisa dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bullying
Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163044 FATWA MAHARANI
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:50
Last Modified: 04 Apr 2022 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25457

Actions (login required)

View Item View Item