PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS DI MAN 1 TRENGGALEK

FIRDA AYU NIRMALA, 12201173264 (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Firda Ayu Nirmala, NIM 12201173264, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, dibimbing oleh Dr. As’aril Muhajir, M.Ag Kata Kunci: Pola Asuh, Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pola asuh orangtua. Orangtua memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan kebiasaan belajar pada anak. Pola asuh yang diterapkan oleh orangtua berpengaruh pada prestasi belajar anak di sekolah. Terdapat macam-macam pola asuh orangtua antaranya otoriter, demokratis, dan permisif. Pola asuh yang baik akan berdampak baik pula pada prestasi belajar anak. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di MAN 1 Trenggalek. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh Otoriter terhadap Pretasi Belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama di MAN 1 Trenggalek. 2) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh Demokratis terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI Agama di MAN 1 Trenggalek. 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh Permisif terhadap Prestasi Belajar AlQur’an Hadits siswa kelas XI Agama di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner dan dokumentasi. Populasi: peserta didik kelas XI Agama 1 dan XI Agama 2 MAN 1 Trenggalek. Teknik Sampling yang digunakan adalah teknik random sampling dengan jumlah sampel 68 peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Hipotesis, dan Uji t. Hasil penelitian yang dilakuan menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh pada Pola Asuh Otoriter terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits dilihat dari nilai signifikansi yakni 0.000 < 0.05. Dalam hal ini pola asuh otoriter menggunakan peraturan yang keras untuk memaksakan perilaku yang diinginkan orangtua guna dilakukan oleh anak. 2) Terdapat pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits dilihat dari nilai signifikansi yakni 0.001 < 0,05. Dalam hal ini orangtua memberikan ruang anak untuk mengeksplor dirinya tetapi masih di bawah pengawasan orangtuanya. 3) Terdapat pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits dilihat dari nilai signifikansi.000 < 0,05. Jadi dalam pola asuh ini oangtua cenderung membiarkan anak entah mau belajar atau tidak. Dan hal ini mempengaruhi dalam perkembangan prestasi anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Peradilan Islam > Orang Tua
Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173264 FIRDA AYU NIRMALA
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:29
Last Modified: 05 Apr 2022 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25503

Actions (login required)

View Item View Item