NURUL KHOLIFAH, 12201173262 (2021) AKHLAK PESERTA DIDIK PERSPEKTIF KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARYA K.H. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (413kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Akhlak Peserta Didik Perspektif Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya K.H. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam” ini ditulis oleh Nurul Kholifah, NIM. 12201173262, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci : Akhlak Peserta Didik, Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat akhlak peserta didik. Dewasa ini, banyak kasus yang disebabkan oleh peserta didik dalam dunia pendidikan, diantaranya seperti tawuran, bolos sekolah, melanggar aturan, melawan dan mengejek guru, serta masih banyak lagi. Hal ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak bagi peserta didik menjadi hal yang sangat penting. Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari merupakan salah satu kitab yang menjelaskan tentang bagaimana seharusnya akhlak bagi peserta didik dalam menuntut ilmu, sehingga dapat dijadikan pedoman bagi peserta didik, agar mereka menjadi generasi yang memiliki ilmu pengetahuan dan memiliki akhlak yang berlandaskan nilai-nilai Islami. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep akhlak peserta didik dalam perspektif kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari? (2) Bagaimana relevansi akhlak peserta didik perspektif kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari dengan pendidikan agama Islam?. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep akhlak peserta didik dalam perspektif kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari terdiri dari empat hal, sebagai berikut a) Akhlak peserta didik terhadap diri sendiri, b) Akhlak peserta didik terhadap pendidik, c) Akhlak peserta didik dalam belajar, d) Akhlak peserta didik terhadap buku. 2) Relevansi antara akhlak peserta didik perspektif kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari dengan pendidikan agama Islam jika dilihat berdasarkan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran saat ini, dapat dikatakan sangat relevan. Keselarasan antara konsep akhlak peserta didik menurut K.H. Hasyim Asy’ari dengan pendidikan agama Islam dapat dilihat pada materi pelajaran PAI. Pendidikan akhlak yang terdapat dalam materi pembelajaran PAI sangat relevan dengan akhlak peserta didik perspektif kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173262 NURUL KHOLIFAH |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 05:38 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 05:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25507 |
Actions (login required)
View Item |